Pigai Serang Orang Jateng, Mahasiswa Papua di Klaten: Orang Caper!

Achmad Syauqi - detikNews
Minggu, 03 Okt 2021 18:28 WIB
Klaten -

Cuitan yang tudingan rasis terhadap orang Jawa Tengah Jokowi dan Ganjar Pranowo yang dilakukan Natalius Pigai ditanggapi mahasiswa asal Papua di Klaten. Dirman Uraya, mahasiswa asal Papua justru menyatakan apa yang dilakukan Pigai hanyalah menggunakan opini senjata mencari perhatian saja.

Dirman Uraya, salah satu mahasiswa asal Papua di Klaten mengatakan hal yang diungkap Pigai dalam cuitannya bukan hal baru, Informasi-informasi semacam itu sudah lama beredar di kalangan mereka. Dia menuding Pigai lalu menggunakan informasi seperti itu sebagai senjata untuk mengungkit persoalan yang telah terjadi di Papua.

"Itu masalah yang sudah sejak dulu dijadikan senjata untuk mengungkit kejadian yang telah terjadi, yang mengatasnamakan orang Papua agar menjadi perhatian banyak orang," terang Dirman kepada detikcom, Minggu (3/10/2021).

Sebagai putra Papua, Dirman menganggap yang disampaikan Pigai hal wajar. Tetapi disayangkan kenapa menyinggung Jawa Tengah

"Saya putra Papua, merasakan hal yang disampaikan oleh Pak Natalius Pigai terhadap Bapak Jokowi dan Pak Ganjar Pranowo itu. Tetapi kenapa harus mengungkit Jawa Tengah," imbuh Dirman.

Bagi Dirman, kritik adalah hal wajar namun tidak pantas disampaikan secara rasis. "Menurut saya kritikan itu wajar saja tetapi bukan dengan cara seperti yang disampaikan Pak Natalius terhadap Bapak Jokowi dan Pak Ganjar," tegasnya.

Dirman menyatakan dirinya telah tinggal di wilayah Jawa Tengah selama 4 tahun. Selama waktu itu, dirinya merasa nyaman-nyaman saja.

"Selama saya tinggal di Jateng saya merasa nyaman dan tentram. Setiap masyarakat Jateng yang saya temui sangat memberi dampak baik untuk saya," sambung Dirman yang juga Komandan Resimen Mahasiswa di sebuah PTS besar di Klaten.

Untuk diketahui, Natalius Pigai jadi sorotan karena dinilai telah menyampaikan pesan bernuansa rasialisme terhadap orang Jawa Tengah, Jokowi dan Ganjar Pranowo. Namun Pigai membantah hal ini saat dimintai konfirmasi.

"Jgn percaya org Jawa Tengah Jokowi & Ganjar. Mrk merampok kekayaan kita, mereka bunuh rakyat papua, injak2 harga diri bangsa Papua dgn kata2 rendahan Rasis, monyet & sampah. Kami bukan rendahan. kita lawan ketidakadilan sampai titik darah penghabisan. Sy Penentang Ketidakadilan)." demikian cuitan Pigai lewat akun Twitter-nya @NataliusPigai2 seperti dilihat detikcom, Sabtu (2/10).

Tonton juga liputan khusus tempat nongkrong viral Pos Bloc berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)