Kaus 'Jateng Sahabat Papua' di Arena PON Saat Pigai Serang Orang Jawa Tengah

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 03 Okt 2021 16:41 WIB
Suporter Jateng di PON XX Papua
Suporter Jateng di PON XX Papua. (Foto: istimewa)
Semarang -

Sebuah foto suporter atlet Jawa Tengah di perhelatan PON XX Papua membawa kaos bertuliskan 'Jateng sahabat Papua' beredar di aplikasi WhatsApp. Apakah hal itu ada hubungannya dengan menanggapi statemen Eks komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai yang sedang ramai?

Dalam foto yang diperoleh detikcom tersebut terlihat pria di bangku penonton membentangkan kaos berwarna merah dengan tulisan tersebut. Disebutkan pula informasi atlet Jateng memberikan kaos itu ke penonton.

Dalam pantauan detikcom salam tayangan pembukaan PON XX di Papua, kontingen Jateng memang membentangkan kaos tersebut saat parade. Kaos yang dibentangkan ada yang berwarna merah dan biru.

Kabid Humas KONI Jateng, Darjo Soyat mengatakan kaos tersebut hanya sekedar solidaritas. Tidak ada hubungannya dengan pernyataan Pigai yang ramai karena dianggap rasis. Terkait foto yang beredar, Darjo menjelaskan itu suasana saat acara pembukaan.

"Tidak ada muatan politis atau lainnya. Sekedar solidaritas bahwa Jateng datang untuk bertanding. Hanya kreativitas Bidang Pengerahan Suporter," kata Darjo saat dikonfirmasi, Minggu (3/10/2021).

"Itu (foto) pas pembukaan," imbuhnya.

Ia menegaskan saat ini para atlet sedang berfokus mengukir prestasi. Upaya pembinaan atlet dan hal lainnya untuk meraih kemenangan sudah cukup menyibukkan sehingga tidak sempat memikirkan hal politik atau sejenisnya.

"Tidak sempat berpikir yang lain. Sekarang berpikir bagaimana ada medali emas," tegasnya.

Untuk diketahui, Natalius Pigai jadi sorotan karena dinilai telah menyampaikan pesan rasialisme terhadap Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pigai membantah hal ini saat dimintai konfirmasi.

"Jgn percaya org Jawa Tengah Jokowi & Ganjar. Mrk merampok kekayaan kita, mereka bunuh rakyat papua, injak2 harga diri bangsa Papua dgn kata2 rendahan Rasis, monyet & sampah. Kami bukan rendahan. kita lawan ketidakadilan sampai titik darah penghabisan. Sy Penentang Ketidakadilan)." demikian cuitan Pigai lewat akun Twitter-nya @NataliusPigai2 seperti dilihat detikcom, Sabtu (2/10).

Simak video 'Alasan Pigai Sebut Jokowi-Ganjar Rasis Hingga Direspons Ganjar':

[Gambas:Video 20detik]



(alg/mbr)