Terpopuler Sepekan

Gaya Gibran Bagi-bagi Beras, Disebut Branding Politik-Duplikasi Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 03 Okt 2021 10:17 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bagi-bagi beras dengan kemasan berstiker foto dirinya. Apa alasan Gibran?
Beras Berstiker Gibran di Solo. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memiliki rutinitas membagikan beras kepada masyarakat. Adanya stiker berfoto Gibran pada kemasan beras 5 kilogram itu mencuri perhatian publik.

Saat dimintai konfirmasi, Gibran mengaku membawa beras-beras itu di mobil setiap hari. Beras dibagikan untuk warga yang membutuhkan.

"Itu beras yang di mobil saya. Setiap pulang kerja membagi dulu, ke kampung-kampung, untuk warga yang membutuhkan," kata Gibran di Balai Kota Solo, Selasa (28/9).

Mobil dinas pengangkut beras

Cara Gibran mengangkut beras cukup unik. Dia menjadikan mobil dinasnya sebagai mobil pengangkut beras.

Sampai-sampai tempat duduk di belakang hanya bisa digunakan untuk satu orang karena penuh dengan beras.

Tak cuma beras, ada beberapa barang wajib yang dibawa Gibran di mobilnya. Ada buku tulis, bolpoin, masker dan terkadang susu yang biasa dibagikan untuk anak-anak.

Ada dua macam stiker

Ada dua stiker yang ditempel di kemasan beras, yaitu berwarna hijau dan biru. Pada stiker hijau, terdapat gambar Gibran mengenakan beskap seragam Pemkot Solo.

Sementara pada beras berstiker biru, terlihat foto Gibran mengenakan kemeja rapi berwarna biru. Ada tulisan SOLO berukuran besar.

Pada stiker hijau, Gibran juga menyertakan nomor WhatsApp yang biasa digunakan untuk menerima aduan masyarakat, yakni 081225067171. Sementara ada stiker warna biru tidak berisi nomor ponsel Gibran.

Simak juga 'Gibran Terima Gelar Kanjeng Pangeran dari Keraton Solo':

[Gambas:Video 20detik]