ADVERTISEMENT

Kemenakan MN IX Wakili Keluarga Mangkunegaran Ziarahi Leluhur, Apa Maknanya?

Ragil Ajiyanto - detikNews
Jumat, 01 Okt 2021 20:34 WIB
KRMH Roy Rajasa Yamin berziarah di makam kerabat keraton di Boyolali
KRMH Roy Rajasa Yamin berziarah di makam kerabat keraton di Boyolali. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Di saat Pura Mangkunegaran Solo belum memutuskan siapa pengganti KGPAA Mangkunegara (MN) IX yang mangkat, kemenakan mendiang MN IX mengaku mewakili keluarga Mangkunegaran berziarah ke makam leluhur. Apa makna di balik itu?

Hingga sejauh ini ada dua nama pangeran yang disebut publik berpeluang menggantikan MN IX. Keduanya adalah GPH Paundrakarna dan GPH Bhre Cakrahutomo.

Namun nama KRMH Roy Rajasa Yamin, mendadak mencuri perhatian setelah mengaku mewakili keluarga Mangkunegaran untuk berziarah ke makam para leluhur Dinasti Mataram Surakarta dan para pengikut Pangeran Sambernyowo (Mangkunegara I) di Boyolali.

Roy Rajasa Yamin adalah kemenakan mendiang MN IX. Roy adalah anak dari pasangan Rahadian Yamin dengan GRA Retno Satuti (putri tertua KGPAA Mangkunegara VIII atau kakak MN IX). Dari garis keturunan ayahnya, Roy adalah cucu dari pahlawan nasional, Mohammad Yamin.

Jumat (1/10) sore Roy datang ke Beteng Krisik, di Dukuh Krisik, Desa Nglembu, Kecamatan Sambi, Boyolali. Di pemakaman tersebut terdapat makam Raden Ayu Tasik Wulan, ibu mertua dari raja Keraton Solo Paku Buwono VI. Kemudian juga ada makam Ki Ageng Singoprono III dan Singoprono IV beserta keluarga.

Selain itu juga terdapat makam dua pengikut utama atau punggawa baku kawandasa dari Pangeran Sambernyowo, yakni Ki Joyo Tilarso dan Ki Joyo Mursito. Pangeran Sambernyowo atau RM Said adalah pendiri dinasti Mangkunegaran yang kemudian bergelar KGPAA Mangkunegara I.

Roy juga mengaku kedatangan ke makam tersebut mewakili keluarga Mangkunegaran untuk berziarah. "Kehadiran kami ini mewakili keluarga Mangkunegaran untuk ziarah sebetulnya. Syukur alhamdulillah makam cukup terawat," jelasnya, Jumat (1/10/2021).

Saat ditanya tentang keputusan rapat keluarga terkait suksesi kepemimpinan di Pura Mangkunegaran, Roy hanya menjawab singkat. "Masih ada rapat keluarga, nanti akan dikomunikasikan lebih lanjut," kata Roy.

KRMH Roy Rajasa Yamin berziarah di makam kerabat keraton di BoyolaliRoy Rajasa Yamin berziarah di makam kerabat keraton di Boyolali (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)

Sejauh ini memang belum ada keputusan resmi dari Mangkunegaran terkait pengganti MN IX. Namun dalam tradisi suksesi Mangkunegaran memang tak selamanya takhta diteruskan kepada anak. Beberapa kali pengganti pemimpin pura adalah cucu, kemenakan bahkan menantu dari pemimpin pura sebelumnya.

(mbr/rih)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT