ADVERTISEMENT

Siap-siap Lur! Jalur Pendakian Gunung Merbabu Dibuka Lagi Bulan Depan

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 11:56 WIB
Gunung Merbabu
Pemandangan Gunung Merbabu beberapa waktu lalu. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Ada kabar terbaru dari Balai Taman Nasional Gunung Merbabu yang akan membuka lagi jalur pendakian Gunung Merbabu. Hanya saja baru satu jalur pendakian Gunung Merbabu yang akan dibuka mulai 5 Oktober 2021, yaitu jalur pendakian Thekelan di Kabupaten Semarang.

"Sementara (jalur pendakian) yang dibuka baru wilayah Kabupaten Semarang. Untuk yang di Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Magelang, sedang berproses dan belum mendapatkan rekomendasi Gugus Tugas (Satgas COVID-19)," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Junita Parjanti, kepada detikcom, Kamis (30/9/2021).

BTNGMb telah mengeluarkan pengumuman nomor PG.14/35/TU/TEK/09/2021 tentang pembukaan wisata Taman Nasional Gunung Merbabu wilayah Kabupaten Semarang, tertanggal 28 September 2021.

Pembukaan pendakian ini didasarkan pada Instruksi Bupati Semarang nomor 28 tahun 2021 tentang PPKM level 2 dan surat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang nomor 556.1/0934 tanggal 21 September 2021 perihal reaktivasi jalur pendakian Gunung Merbabu wilayah Kabupaten Semarang.

Berdasarkan hal tersebut, jelas Junita, seluruh objek wisata pendakian dan non pendakian di wilayah Kabupaten Semarang akan dibuka mulai 5 Oktober. Kecuali untuk objek wisata Kalipasang.

"Tetap dengan protokol kesehatan ketat juga PeduliLindungi," ujar Junita.

Bagi yang ingin mendaki, lanjut dia, pendaftaran melalui mekanisme booking online melalui situs www.tngunungmerbabu.org pada menu pendaftaran online. Jumlah pengunjung pun masih dibatasi hanya 25 persen dari maksimal kuota.

Pihaknya juga mengimbau kepada pengunjung nantinya, baik untuk pendakian maupun non pendakian wajib mematuhi tata tertib kegiatan wisata. Juga memperhatikan situasi serta kondisi cuaca.

"Apabila terdapat kondisi yang tidak memungkinkan, maka kami (BTNGMb) akan melakukan evaluasi dan mengambil kebijakan lebih lanjut," pungkasnya.

Di Gunung Merbabu terdapat lima jalur resmi pendakian. Yaitu jalur Selo di Dukuh Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Boyolali; jalur Cunthel di Dukuh Cunthel, Kopeng, Kecamatan Getasan serta jalur Thekelan di Dukuh Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang; jalur Suwanting di Dukuh Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan serta jalur Wekas, Dukuh Kedakan, Desa Kenalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Simak video 'Budaya Panen Raya Tembakau di Lereng Gunung Merbabu':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/rih)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT