ADVERTISEMENT

Banyak Istri di Jepara Minta Cerai, Ternyata Ini Dugaan Penyebabnya

Dian Utoro Aji - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 17:07 WIB
Pengadilan Agama Jepara, Rabu (29/9/2021).
Pengadilan Agama Jepara, Rabu (29/9/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Jepara -

Pengadilan Agama Kabupaten Jepara, Jawa Tengah mencatat angka perceraian dari Januari-September 2021 ada 1.641 perkara. Dari angka cerai itu ternyata paling banyak istri yang minta cerai. Lalu apa penyebabnya?

"Jumlah perkara masuk 2.097 perkara per September 2021 ini, angka dispensasi ada 399 perkara, cerai gugat (istri yang mengajukan cerai) ada 1.262 perkara, kemudian cerai talak (suami yang mengajukan cerai) ada 379 perkara," kata Kepala Pengadilan Agama Jepara, Rifai kepada wartawan saat ditemui di kantornya, Rabu (29/9/2021).

Dia mengatakan ada beberapa faktor terjadinya perceraian dalam rumah tangga. Paling banyak adalah perselisihan secara terus menerus hingga ada sosok orang ketiga.

"Itu perselisihan secara terus menerus itu ranking pertama kemudian kedua masalah ekonomi. Masalah pertengkaran sampai September 706 perkara. Untuk faktor ekonomi 633 perkara, disusul dengan salah satu pihak meninggalkan yang lain itu 163 perkara," terang Rifai.

Rifai menjelaskan banyaknya cerai diajukan oleh istri disebabkan karena alasan faktor ekonomi. Disebutkan dengan adanya sejumlah perusahaan besar di Jepara ternyata meningkatkan ekonomi para wanita. Hal itu dimungkinkan menjadi penyebab istri di Jepara mengajukan cerai kepada suaminya.

"Pertengkaran terus menerus dan ekonomi. Kita lihat sebelum dulu ada perusahaan itu, cerai gugat sedikit karena istri masih di rumah manut gitu ya sedangkan memberikan nafkah itu suami," ungkap dia.

Dia mengatakan terkait angka perkara yang masuk di Pengadilan Agama Jepara tidak ada peningkatan signifikan selama dua tahun terakhir. Seperti tahun 2020 lalu perkara masuk di Pengadilan Jepara ada 2.679 per Desember.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...

Tonton juga Video: Fakta Terbaru di Sidang Perceraian Ferry Irawan dan Anggia Novita

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT