Setelah Gibran, Kini Giliran Menkes Dapat Gelar Bangsawan Keraton Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 13:47 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin menerima gelar kebangsawanan dari Keraton Kasunanan Surakarta, Rabu 29/8/2021).
Menkes Budi Gunadi Sadikin menerima gelar kebangsawanan dari Keraton Kasunanan Surakarta (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mendapatkan gelar kebangsawanan dari Keraton Kasunanan Surakarta. Sebelumnya, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka juga mendapatkan gelar dari keraton beberapa waktu lalu.

Sebelum mendapatkan gelar, Budi Gunadi sempat mengunjungi Pagelaran di sisi utara keraton untuk meninjau vaksinasi. Tampak Gibran Rakabuming Raka dan istri raja, GKR Pakubuwono, juga ikut meninjau vaksinasi.

Beberapa menit di lokasi, Budi beserta rombongan berpindah lokasi ke Keraton Kasunanan Surakarta. Kegiatan di dalam keraton dilaksanakan secara tertutup.

Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta, KGPH Dipokusumo, membenarkan Menkes Budi menerima gelar keraton. Namun dia masih belum mengetahui gelar apa yang diberikan untuk Budi.

"Iya, dapat kekancingan (gelar keraton) tapi saya belum sempat melihat (gelarnya apa). Lebih lanjut nanti saya beri tahu lagi," kata Dipokusumo saat ditemui di Keraton Kasunanan Surakarta, Rabu (29/9/2021).

Dipo mengungkap alasan pemberian gelar keraton itu karena Budi dinilai bekerja dengan baik di masa pandemi Corona. Selain itu, Budi juga dinilai peduli dengan abdi dalem maupun warga sekitar Keraton Solo yang belum divaksin.

"Iya, tentu karena penanganan COVID-19. Pertimbangannya, pertama kita sebenarnya sudah ada komunikasi yang baik. Kedua, beliau pejabat tinggi dan pemilihan tempatnya (vaksinasi) di sini sehingga semakin mengerti arti penting sejarah kebudayaan," ujarnya.

Dipo menjelaskan upacara pemberian gelar bagi Menkes Budi dan Gibran ditunda dan akan dilaksanakan di kemudian hari. Alasannya karena terkait masa pandemi COVID-19.

"Iya (kemungkinan ada upacara pemberian gelar), kalau sudah tidak pandemi. Seperti nikahan, resepsinya nanti," terang Dipo.

Setelah keluar dari keraton, Menkes Budi lalu berpamitan dengan pihak keraton dan juga Gibran. Namun Menkes enggan diwawancara wartawan dan langsung masuk ke dalam mobil.

(ams/ams)