Blusukan di Kampung UMKM Solo, Menko Airlangga Dikenalkan sebagai Capres

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 18:30 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Solo, Kamis (23/9/2021).
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Solo, Kamis (23/9/2021). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan blusukan ke kampung sentra UMKM kuliner di Solo. Kepada warga di kampung tersebut, Airlangga dikenalkan sebagai calon presiden (capres).

Adapun kedatangan Airlangga ialah sebagai Pembina UMKM usAHA. Kehadirannya juga didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan sejumlah kader Partai Golkar.

Pada poster-poster yang ditempel, tampak foto Airlangga dengan jargon 'Terus BerusAHA'. AHA sendiri diketahui sebagai inisial dari Airlangga Hartarto.

Adalah Agus Gumiwang yang memperkenalkan Airlangga sebagai capres. Saat berjalan di gang kampung, dia sempat berbincang dengan warga dan menyebut Airlangga sebagai capres.

"Itu Pak Menteri Ekonomi (Menko Perekonomian). Insyaallah capres," kata Agus Gumiwang kepada warga di sela-sela kunjungan Airlangga, Kamis (23/9/2021) sore.

Namun saat dikonfirmasi, Agus enggan membicarakan masalah capres. Terkait pemilihan nama UMKM usAHA pun menurutnya tidak berkaitan dengan Airlangga Hartarto.

"Itu (capres) sih nggak usah kita bicarakan, masa nanyanya ke saya. (Nama usAHA) nggak ada kaitannya, itu kebetulan aja. UMKM usAHA ini dibentuk masyarakat kemudian meminta Pak Airlangga jadi pembina, jadi ini bottom up," kata Agus.

Usai blusukan, Airlangga mengaku kegiatannya hari ini hanya meninjau UMKM di Solo. Dia ingin mengetahui kondisi UMKM di masa pandemi dan ingin memberikan solusi untuk kebutuhan mereka.

"Kita mampir aja. Ada kegiatan yang dilakukan masyarakat, yang namanya kelompok UMKM usAHA, sudah mempunyai ribuan UMKM binaan, dan oleh karena itu saya lihat di lapangannya, anggota siapa saja dan kebutuhan apa saja, terutama di situasi pandemi COVID ini," ujar Airlangga.

Menurutnya, pemerintah sudah memiliki program untuk membantu UMKM, yakni melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR saat ini semakin dipermudah, baik dari sisi persyaratan maupun besaran bunga.

"Pemerintah sudah punya KUR, sudah ada super mikro, KUR sampai Rp 500 juta, di bawah Rp 100 juta tanpa agunan, bunganya 3 persen, sisanya ditanggung pemerintah," katanya.

Ditanya soal pencapresan, Airlangga menampik jika kegiatannya hari ini berkaitan dengan Pilpres 2024.

"Bukan. Ini masih tahun 2021," kata dia.

Salah satu warga, Ida Armala, membenarkan jika Agus Gumiwang menyebut Airlangga sebagai capres. Dia juga mengaku senang atas kunjungan Airlangga hari ini.

"Dikenalkan Pak Airlangga dari kementerian, meninjau dagangan tetangga. Mungkin kalau nanti diusung menjadi calon presiden. Sosok presiden seperti beliau gimana," ujar dia.

(sip/rih)