Polda Jateng Amankan Hampir 1 Kg Sabu Siap Edar

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 12:19 WIB
Rilis kasus Polda Jateng amankan 900 kg sabu siap edar, 21/9/2021
Rilis kasus Polda Jateng amankan 900 kg sabu siap edar. (Foto: Angling Adhitya P/detikcom)

Kemudian tanggal 17 September 2021, tersangka berinisial BRUS ditangkap di indekosnya di daerah Medono Kota Pekalongan. Awalnya ia berbelit tapi kemudian ditemukan paket sabu di sebuah mobil rusak di dekat sana.

"Dari tersangka ini diamankan 50 gram narkotika jenis sabu," kata Lutfi.

Di hari yang sama, Polda Jateng menangkap tersangka berinisial IW di kawasan Gajahmungkur Kota Semarang. IW ditangkap saat hendak mengambil sabu di dekat minimarket. Barang bukti sabu yang diamankan yaitu 55,2 gram.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan, dia sudah dua kali diminta ambil sabu dan kemudian dipindahkan ke suatu tempat di Kota Magelang," ujarnya.

Saat ini Polda Jateng masih menelusuri sejumlah pihak yang memberikan perintah pada para tersangka itu. Saat ini proses hukum berlanjut dan para tersangka dijerat pasal 114 ayat 2 dan pasal 112 ayat 2 UU RI No 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

"Ancaman hukuman mati, kemudian penjara seumur hidup, penjara minimal 6 tahun dan maksimal 20 tahun," imbuh Lutfi.

Ia menegaskan akan terus memburu pelaku peredaran narkoba. Penangkapan dalam sepekan dengan barang bukti total sekitar 900 gram itu disebut Lutfi menyelamatkan 9.000 orang yang menyalahgunakan narkoba.


(mbr/sip)