Seluruh DIY Masih 'Juara Bertahan' di PPKM-3, Apa Kata Pemda?

Heri Susanto - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 09:02 WIB
Poster
(Foto: Edi Wahyono)
Yogyakarta -

Status level PPKM di DIY masih bertahan di level 3. Padahal, beberapa indikator seperti vaksinasi, per Senin (20/9) mencapai 73,87 persen, positivity rate 1,8 persen, dan Bed Occupancy Rate (BOR) 18, 39 persen non kritikal dan 36,69 persen kritikal.

Sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No 43 tahun 2021, DIY masih level 3. Tapi, memang ada beberapa kelonggaran aktivitas masyarakat.

"Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bupati/Wali kota untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 3 (tiga) yaitu Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Gunungkidul," kata Tito, dalam Inmendagri No 43 tahun 2021, Senin (20/9).

Di dalam Inmendagri tersebut, aktivitas yang diperbolehkan masih terbatas. Selain sektor esensial, masih dilarang melakukan aktivitas.

Sedangkan kelonggaran diberikan untuk masuk mal atau pusat perbelanjaan. Anak-anak usia 0 sampai 12 tahun akhirnya diperbolehkan masuk mal dengan pengawasan ketat dari orang tua.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengajak masyarakat untuk tetap berhati-hati meski beberapa indikator mengalami penurunan. Diharapkan, dengan kehati-hatian ini bisa terus menurunkan paparan virus Corona.

"Diharapkan memang terus menurun penularannya. Tapi, memang kami harapkan masyarakat tetap berhati-hati," kata Aji, Selasa (21/9/2021).

Aji mengungkapkan, pihaknya saat ini juga tengah mengajukan lima destinasi wisata untuk masuk ujicoba. Hal tersebut untuk menekan kerumunan di Malioboro yang tiap akhir pekan terjadi penumpukan wisatawan.

"Mudah-mudahan bisa masuk uji coba agar tidak terjadi kerumunan di salah satu titik saja," jelasnya.

Simak video 'Tak Ada Lagi PPKM Level 4 di Jawa-Bali':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)