40 Hari Wafatnya Mangkunegara IX Diperingati Malam Nanti, Ini Persiapannya

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 16:49 WIB
Suasana Pura Mangkunegaran jelang peringatan 40 hari wafatnya KGPAA Mangkunegara IX, Solo, Senin (20/9/2021).
Suasana Pura Mangkunegaran jelang peringatan 40 hari wafatnya KGPAA Mangkunegara IX, Solo, Senin (20/9/2021). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Peringatan 40 hari mangkatnya KGPAA Mangkunegara IX digelar malam nanti. Acara peringatan diadakan dengan pembacaan tahlil dan doa-doa oleh kerabat Pura Mangkunegaran.

Pantauan detikcom sore hari ini, suasana Mangkunegaran tampak sepi. Meski begitu, segala perlengkapan untuk kegiatan peringatan 40 harian sudah disiapkan.

Tampak ratusan kursi sudah disiapkan di Pringgitan dan bagian utara pendopo. Sejumlah mikrofon dan pengeras suara juga sudah dipasang di beberapa titik.

Plt Pengageng Kabupaten Mondropuro Pura Mangkunegaran, Supriyanto Waluyo, mengatakan tamu yang hadir hanya kerabat Mangkunegaran. Acara berlangsung dengan protokol kesehatan.

"Yang hadir hanya keluarga saja, tidak sampai 200 orang. Jaraknya kita atur sesuai protokol kesehatan," kata Supriyanto di Pura Mangkunegaran, Senin (20/9/2021).

Menurutnya, acara akan dimulai pada pukul 19.00 WIB. Dua putra Mangkunegara IX, GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo juga dijadwalkan hadir.

"Nanti acara biasanya tidak sampai dua jam. Beliau-beliau (Paundra dan Bhre) hadir," ujar dia.

Supriyanto mengatakan peringatan 40 hari juga akan dilanjutkan dengan ziarah ke makam Mangkunegara IX di Astana Girilayu, Karanganyar, besok. Dua bulan ke depan, Mangkunegaran juga akan menggelar peringatan 100 harian.

"Seperti biasa, acara dilanjutkan dengan nyekar (ziarah) besoknya. Dua bulan lagi juga kita gelar 100 harian," ungkapnya.

Dia memastikan kegiatan hari ini hanyalah doa dan tahlil. Terkait penunjukan suksesi, dia pun enggan menduga-duga kapan dilakukan.

"Tidak ada (acara terkait suksesi hari ini). Nanti mungkin setelah 100 hari," tutupnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...