Kakek Penerima Rp 6 M Duit Tol di Klaten Diserbu Sales Mobil-Bisnis Emas

Achmad Syauqi - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 11:03 WIB
Potret warga Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Klaten mulai membangun rumah usai menerima proyek ganti rugi Tol Yogya-Solo, Minggu (19/9/2021).
Potret warga Klaten mulai membangun rumah usai terima ganti rugi tol. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Seorang petani di Klaten, Jawa Tengah bernama Paiman (67), menerima ganti rugi proyek Tol Yogya-Solo Rp 6 miliar lebih. Paiman mengaku didatangi sejumlah sales mulai yang menawarkan berbagai barang mulai dari mobil hingga emas.

"Banyak sales datang, kalau 10 orang ada. Menawarkan kendaraan roda empat, roda dua, koperasi sampai pasar emas," ungkap Paiman pada detikcom, Senin (20/9/2021)

Menurut warga Desa Beku, Kecamatan Karanganom ini mengaku tak paham dengan tawaran bisnis emas yang datang padanya itu.

"Saya bilang saya tidak paham. De Sidorejo sini juga saya bilang tidak paham, lha wong modal Rp 300 juta emas mentah apa itu, saya tidak paham," tutur Paiman.

Sales kendaraan pun, ungkap Paiman, tidak begitu dipedulikannya. Namun dia memang berencana membelikan motor untuk cucu dan keponakannya.

"Rencana, ini baru rencana ya. Nanti cucu saya dua sepeda motor dan anak kakak saya juga dua jadi nanti empat, kalau mobil tidak nyandak (cukup) uangnya," sebut Paiman.

Kepala Desa Beku, Kecamatan Karanganom, Alex Bambang Wijanarko, membenarkan jika setelah warganya menerima ganti rugi tol banyak sales datang ke desanya. Mulai dari sales kendaraan sampai bisnis emas.

"Betul banyak sekali sales datang, termasuk minta izin ke balai desa. Tapi untuk sales yang aneh-aneh seperti investasi emas tidak saya izinkan," papar Alex pada detikcom.

Dari pemerintah desa, ungkap Alex, intinya tidak memberikan izin untuk sales. Tapi perkara sales yang mendatangi rumah warga, dia menyerahkan keputusannya ke masing-masing warganya.

Lihat juga video 'Desa Miliarder Tol Yogya-Bawen Jadi "Lahan Berburu" Sales Mobil':

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...