Dapat Gelar Bangsawan Keraton Solo, Gibran Ungkap Pembicaraan dengan Raja

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 15:50 WIB
Solo -

Raja Keraton Kasunanan Surakarta SISKS Pakubuwono XIII memberikan gelar bangsawan kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Gibran yang kini menyandang gelar Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Widura Nagara ini mengungkap isi pembicaraannya bersama raja atau sinuhun Pakubuwono XIII.

Dalam pertemuan tertutup di Keraton Kasunanan Surakarta itu, Gibran mendapatkan sejumlah arahan dari raja. Dia diminta menertibkan sejumlah kawasan di area Keraton Kasunanan Surakarta.

"Sinuhun (sebutan raja) memberikan arahan ke saya, menertibkan beberapa area, mempercantik aset-aset keraton, seperti alun-alun," ujar Gibran di Balai Kota Solo, Senin (20/9/2021).

Dalam pertemuan yang mendadak itu, Gibran mengaku merasa terhormat telah diberikan gelar. Dia juga menyebut Pakubuwono XIII cukup terbuka dalam menjalin hubungan dengan Pemkot Solo.

"Sinuhun cukup terbuka dan memberikan arahan ke Pemkot Solo. Ke depan semoga lebih terbuka, lebih tertib, terutama alun-alun," katanya.

Diberitakan sebelumnya, gelar bangsawan diterima Gibran saat dirinya meninjau vaksinasi di Keraton Kasunanan Surakarta hari ini. Pemberian gelar dilakukan secara mendadak.

Gibran pun mengaku tidak melakukan persiapan sebelumnya. Bahkan dia mengenakan seragam Satpol PP saat menerima gelar.

Seragam tersebut sebelumnya dia kenakan saat memimpin apel Satpol PP. Padahal biasanya, penerima gelar selalu mengenakan pakaian adat Jawa.

"Jadi tadi salah kostum. Karena saya tidak tahu sebelumnya," kata Gibran, Senin (20/9).

Gibran pun mengaku mendapatkan kehormatan karena diberi gelar bangsawan oleh Pakubuwono XIII.

"Ini suatu kehormatan bagi saya," katanya.

(rih/sip)