Viral Tarif Parkir 'Ngepruk' di Solo, Pemobil Diberi Karcis untuk Bus

Ari Purnomo - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 11:37 WIB
Petugas Dishub Solo, Senin (20/9/2021).
Petugas Dishub Solo saat menelusuri jukir nakal yang diduga nuthuk pengendara mobil pakai karcis parkir bus, Senin (20/9/2021). (Foto: dok Dishub Solo)
Solo -

Juru parkir menarik tarif lebih mahal dari ketentuan alias nuthuk di Kota Solo ramai dibicarakan dan viral di media sosial (medsos). Hal ini terungkap setelah seorang pengendara mobil mengungkap dirinya mendapat karcis parkir untuk bus sedang/truk sehingga harus membayar lebih mahal.

Cerita itu salah satunya diunggah di akun Instagram @Visitsurakarta, karcis yang diberikan kepada pengendara mobil bertuliskan bus sedang/truk dengan besaran tarif Rp 4 ribu.

Padahal pengendara mengaku memarkirkan mobil biasa, bukan bus sedang/truk seperti tertera di karcis yang dia terima. Meski keterangan tidak sesuai, pengendara itu mengaku tetap membayarnya dengan uang Rp 5 ribu dan ternyata dia tidak diberikan kembalian.

"Kami sedang melakukan pengecekan di lapangan. Kenapa saya klarifikasi karena kadang yang disampaikan tidak sesuai dengan yang di lapangan," kata Kepala Dishub Kota Solo Hari Prihatno saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (20/9/2021).

Petugas masih melacak lokasi kejadian yang tak disertakan dalam postingan itu.

"Ini petugas masih di lapangan, karena lokasinya tidak dijelaskan di mana hanya karcisnya saja. Kan karcisnya semuanya sama, kami di Alun-alun Utara (Alut)," kata dia.

Seperti diketahui, tarif parkir di Kota Solo sudah diatur sesuai dengan zonanya masing-masing, yakni zona C, D dan zona E. Untuk zona C tarif parkir yang diterapkan sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan untuk roda empat sebesar Rp 3.000. Tarif ini belaku progresif atau naik setiap satu jamnya.

Kemudian untuk tarif parkir di zona D sebesar Rp 1.500 untuk sepeda motor dan Rp 2.000 untuk mobil. Dan zona E tarifnya sebesar Rp 1.000 dan mobil sebesar Rp 1.500.

(sip/sip)