Heboh Video Api Terbang di Banjarnegara Dikira Mistis, Eh Ternyata...

Uje Hartono - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 10:33 WIB
Ramai video api merah terbang di Banjarnegara, Senin (20/9/2021).
Ramai video api merah terbang di Banjarnegara, Senin (20/9/2021). (Foto: Tangkapan layar akun IG @banjarnegaraterkini)
Banjarnegara -

Sebuah video yang memperlihatkan api terbang ramai dibahas dan viral di media sosial. Video berdurasi 29 detik ini disebut terjadi di Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Seperti apa faktanya?

Video yang salah satunya diunggah akun @banjarnegaraterkini pada Minggu (19/9) ini sudah mendapat respons dari 3 ribu lebih netizen dan 200 komentar. Dalam video tersebut, terlihat cahaya mirip api 'terbang' setinggi lampu penerangan jalan.

"Kaya pertarungan jin putih karo jin abang (seperti pertarungan jin putih dengan jin merah)," tulis akun @adi****.

"Medeni (menakutkan)," tulis akun @rozi****.

Saat detikcom melakukan konfirmasi, api 'terbang' yang awalnya dikira kejadian mistis ternyata aktivitas warga yang tengah membakar sarang tawon.

Salah seorang warga Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi Fakhrudin membenarkan jika video api 'terbang' terjadi di sekitar tempat tinggalnya. Namun, ia menegaskan api 'terbang' tersebut bukan hal mistis, tapi warga yang tengah membakar sarang tawon.

"Iya benar itu terjadi di Desa Karangjambe. Tetapi bukan apa-apa, itu ada orang sedang membakar sarang tawon. Bukan yang lainnya," ungkapnya, saat dihubungi detikcom, Senin (20/9/2021).

Ia mengatakan, jika diperhatikan terlihat bambu yang digunakan oleh warga sebagai tongkat untuk membakar sarang tawon. Namun demikian, ia mengaku tidak mengetahui siapa perekam video tersebut.

"Kalau diperhatikan, itu kelihatan ada bambunya yang digunakan untuk membakar sarang tawon. Tetapi kalau yang merekam siapa tidak tahu, paling ya karena iseng aja," kata dia.

Fakrudin menambahkan, lokasi api 'terbang' tersebut di tepi jalan dekat dengan kantor desa. Di daerah tersebut banyak pepohonan tinggi.

"Kalau lokasinya itu dekat dengan kantor desa. Ya ada rumah-rumah warga juga," sebutnya.

Lihat juga video 'Ada Fenomena Hujan Es di Banjarnegara, Ini Penjelasan BMKG':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/sip)