Sudah Tahu Belum? Ada Pos Jaga Era Penjajahan Belanda di Dekat Borobudur

Eko Susanto - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 17:08 WIB
Gardu Londo pos jaga era Belanda di dekat Candi Borobudur Magelang
Gardu Londo pos jaga era Belanda di dekat Candi Borobudur Magelang (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Tak jauh dari Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ada bangunan bercat merah dan abu-abu yang berdiri di pinggir jalan. Bangunan tersebut ternyata merupakan peninggalan Belanda yang hingga sekarang masih dipertahankan.

Bangunan itu berlokasi di pinggir Jalan Borobudur-Salaman atau Borobudur-Purworejo, tepatnya di Dusun Brongsongan, Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Dari arah Candi Borobudur, bangunan ini tampak berada di sisi kanan jalan.

Bangunan mungil ini merupakan pos jaga dengan tiga pintu, yang ada di samping kanan dan kiri, serta bagian depan. Di dalamnya ada semacam tempat duduk, warga sekitar menyebut bangunan ini gardu londo atau gardu Belanda.

Keberadaan gardu londo ini tetap dipertahankan sekalipun beberapa waktu lalu ada proyek kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN). Bangunan yang diduga peninggalan Belanda ini pun masih berdiri kokoh.

"Bangunan itu peninggalan sejarah yang perlu dilestarikan. Di Indonesia banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang mestinya perlu dilestarikan. Tidak hanya melestarikan Borobudur, tidak hanya melestarikan Borobudur dalam konteks apapun, tapi bangunan peninggalan-peninggalan yang lain perlu dilestarikan," kata budayawan sekaligus tokoh masyarakat Borobudur Sucoro saat ditemui, Sabtu (18/9/2021).

Sucoro mengatakan gardu londo merupakan peninggalan sejarah. Dia berharap bangunan bersejarah itu bisa tetap dilestarikan.

"Yang namanya gardu londo, itu juga peninggalan sejarah. Saya pikir wajib dilestarikan," ujarnya.

Sucoro menyebut keberadaan gardu londo sudah sejak dulu di situ. Saat pedestrian dibangun, gardu londo itu pun tetap dipertahankan.

"Posisinya di situ. Bangunan itu masih asli. Dulu saya sempat ngomong ke perencana (proyek), itu ada baiknya untuk dijaga kelestariannya, jangan dibongkar," ujarnya.

Gardu Londo pos jaga era Belanda di dekat Candi Borobudur MagelangGardu Londo pos jaga era Belanda di dekat Candi Borobudur Magelang Foto: Eko Susanto/detikcom

Sementara itu, Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Magelang, Muhammad Taufik mengatakan, bangunan tersebut merupakan pos jaga peninggalan Belanda. Meski begitu, bangunan ini belum ditetapkan sebagai cagar budaya.

"Kami belum menetapkan sebagai cagar budaya karena kajian tentang pos jaga itu belum ada dan kalau dilihat kriteria hanya usia 50 tahun atau lebih yang masuk. Kriteria yang lain kayaknya susah," kata Taufik.

Dari informasi yang diterimanya, gardu londo itu dibangun sekitar 1907 bersamaan dengan pertama kalinya Belanda memugar Candi Borobudur.

"Menurut informasi dibangun sekitar 1907 ketika pertama Belanda memugar Candi Borobudur," kata Taufik.

(ams/ams)