SKD CPNS di Semarang Dimulai Besok, Peserta Wajib Tunjukkan Bukti Vaksin

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 20:11 WIB
Lokasi screening para peserta SKD CPNS di Udinus Semarang. SKD CPNS di Udinus bakal digelar Selasa (14/9/2021) besok.
Lokasi screening para peserta SKD CPNS di Udinus Semarang (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Tes seleksi kompetensi dasar (SKD) calon aparatur sipil negara (CASN) 2021 di Semarang bakal digelar di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) besok. Para peserta tes CPNS ini wajib menunjukkan bukti vaksin COVID-19. Lantas bagaimana dengan peserta yang belum vaksin karena keadaan?

Ketua Panitia Tes SKD CASN dari Udinus, Mohamad Sidiq, mengatakan panitia menyiapkan QR code untuk dipindai para peserta menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Tak hanya lewat aplikasi, para peserta juga disediakan komputer untuk mengecek bukti vaksin.

"Kita siapkan 6 laptop di sana untuk check in di PeduliLindungi atau juga kita sudah punya barcode untuk scan. Masalahnya harus dilihat, tidak semua peserta punya smartphone. Kalau punya belum install juga butuh waktu lama, di laptop tinggal menunjukkan KTP," kata Sidiq di Kampus Udinus Semarang, Senin (13/9/2021).

Sidiq pun memahami ada beberapa peserta yang memiliki kondisi tidak bisa divaksin. Misalnya saja karena baru saja terpapar COVID-19 atau masalah kesehatan. Dia pun meminta peserta tes CPNS itu membawa surat keterangan.

"Kalau belum vaksin bagaimana? Misal habis kena COVID, ada suratnya atau habis melahirkan atau ketiga vaksin kurang, harus ada surat keterangan dari kabupaten/kota. Diperbolehkan ikut tes, yang menangani BKD," ujarnya.

Untuk diketahui SKD CASN di Udinus dimulai hari Selasa (14/9) besok hingga 7 Oktober 2021 dengan jumlah 18.090 peserta. Para peserta tes di Udinus Semarang ini terdiri dari 6 kabupaten/kota di Jawa Tengah yaitu terdiri dari 1.079 peserta dari Kabupaten Batang, 1.408 dari Kota Tegal, 2.638 dari Kabupaten Tegal, 8.119 dari Kota Pekalongan, 3.645 dari Kabupaten Brebes, dan 414 dari Kabupaten Wonosobo.

Selain itu, terdapat 787 peserta yang mengikuti tes untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) non guru dari 6 kabupaten/kota di Jateng. Selama tes di masa pandemi Corona ini protokol kesehatan wajib dipenuhi, seperti menjaga jarak, masker, dan lainnya. Syarat wajib lainnya yaitu membawa hasil tes PCR negatif.

(ams/rih)