Terpopuler Sepekan

Tentang Ikan Buas-Bulus Raksasa Diduga Penunggu Terowongan Kuno Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 11:23 WIB
Penemuan bulus di dekat terowongan kuno, Klaten, Senin (6/9/2021).
Penemuan bulus di dekat terowongan kuno, Klaten, Senin (6/9/2021). Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten -

Penemuan seekor ikan buas berjenis toman dan bulus (labi-labi) berukuran besar di kolam Dusun Samber, Desa Sabrang Lor, Kecamatan Trucuk, Klaten, Jawa Tengah menuai sorotan pembaca pekan ini. Ikan buas dan bulus raksasa itu ditemukan dekat kolam di dekat terowongan kuno sehingga sempat diduga penunggu lokasi itu.

Aris Sarwanto (28) penemu ikan mengatakan ikan buas itu ditemukan sepekan sebelum penemuan terowongan kuno. Awalnya dia sempat mengira ikan yang terkena sengatan listrik alat setrum miliknya merupakan ikan gabus.

"Awalnya saya kira ikan kutuk (gabus) tapi ternyata ikan toman. Awalnya saya kira mati karena sudah posisi ikan terbalik," kata Aris di rumahnya Desa Jogosetran, Kecamatan Kalikotes, Senin (6/9/2021).

Aris lalu membawa ikan itu pulang dan menaruhnya di akuarium. Ikan itu kemudian tampak bergerak dan kondisinya sehat beberapa menit kemudian.

"Sejak awal saya tahu ini toman," kata Aris yang juga penggemar ikan hias.

Ikan tersebut, kata Aris, merupakan jenis green toman. Ikan itu sempat diukur panjangnya 80 cm dan beratnya hampir 7 kilogram.

"Awalnya ditawar Rp 10 juta tidak saya lepas, di medsos ditawar Rp 17 juta juga tidak saya lepas, karena ingin dipelihara sendiri siapa tahu membawa keberuntungan," sambung Aris.

Aris mengaku sempat takut melihat menemukan ikan besar tersebut. Sebab ikan yang dikenal buas itu jarang ada di Jawa.

"Karena awalnya sempat takut juga. Iya sempat mengira itu penunggu kolam, karena toman kan ikan di Kalimantan tapi kenapa ada di sini sebesar ini," kata Aris.

Tak lama setelah penemuan ikan buas jenis toman, warga sekitar kembali dibuat heboh. Warga kembali menemukan bulus (labi-labi) berukuran besar.

"Ukurannya cukup besar, panjang 80 cm dan lebar 36 cm. Ditimbang beratnya 20 kilogram," ungkap warga setempat, Fajar Ari Widodo kepada detikcom di lokasi, Dusun Samber, Desa Sabrang Lor, Kecamatan Trucuk, Klaten, Senin (6/9).

Selengkapnya di halaman berikutnya..

Lihat juga Video: 100-an Pasien Isoman di Klaten Dipindah ke Asrama Haji Donohudan

[Gambas:Video 20detik]