Polisi Cek Heboh Gundukan Mirip Kuburan di Anak Sungai Bengawan Solo Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 11:12 WIB
Warga di sekitar Sungai Dengkeng, Klaten dikagetkan dengan munculnya dua gundukan menyerupai makam atau kuburan.
2 Gundukan Mirip Makam di Anak Bengawan Solo. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Gundukan yang menyerupai kuburan di tengah alur Sungai Dengkeng di Desa Talang, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah membuat polisi turun tangan. Polisi mengecek ke lokasi yang merupakan anak sungai Bengawan Solo itu dan meminta keterangan warga, apa hasilnya ?

"Setelah kita cek, saya pastikan itu bukan kuburan. Hanya ulah orang iseng," kata Kapolsek Bayat AKP Tri Harni kepada detikcom, Jumat (10/9/2021).

Tri Harni menjelaskan setelah ada informasi tentang kuburan tersebut, Polsek memerintahkan Bhabinkamtibmas mengecek bersama Polsek. Tumpukan batu itu bukan kuburan tapi iseng orang mancing.

"Jadi itu hanya iseng orang mancing agar gayeng. Kita bongkar," lanjut Tri Harni.

Sementara sesepuh Dusun Talang Wetan, Wahyo menuturkan kemungkinan batu nisan itu dari makam di barat jembatan. Dulunya Sungai Dengkeng tidak di lokasi saat ini.

"Dulu, sungai yang besar ini hanya sungai kecil. Tahun 1928 dibangun bendung dan sungai yang belok diluruskan," papar Wahyo pada detikcom.

Normalisasi sungai itu, ucap Wahyo mengakibatkan ada makam yang terdampak. Menurutnya, sampai saat ini bekas sungai aslinya masih ada.

"Bekas sungai masih ada. Zaman 1965, ada yang mau minta ganti rugi tapi disuruh pindah ke Klaten ya takut," imbuh Wahyo.

Di sisi lain dia mengungkap kadang memang ada orang yang berdoa di sungai. Misalnya ada kerabat hilang hanyut dan meninggal.

"Sebab di sini (bendung) kalau ada orang hanyut ditemukan. Kalau ada informasi hanyut dari atas kita yang berjaga," terang Wahyo.

Sebelumnya diberitakan, warga yang mancing ikan di sekitar Sungai Dengkeng Klaten, yang merupakan anak Bengawan Solo dikagetkan dengan munculnya dua gundukan menyerupai makam atau kuburan. Gundukan disertai batu menyerupai nisan itu terlihat di bawah Bendung Talang, Desa Talang, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah.

Ketua RT 1 RW 2 Dusun Talang Wetan, Eko Juporo, mengaku kaget dengan ada kabar gundukan mirip makam itu. Tapi dirinya meyakini itu hanya ulah orang iseng.

"Tidak ada kuburan di situ karena itu sungai. Itu hanya dibentuk-bentuk orang iseng saja, tidak ada kuburan di situ selama ini," kata Eko saat ditemui detikcom di rumahnya, Kamis (9/9).

Sungai Dengkeng adalah salah satu anak sungai Bengawan Solo di bagian atas. Sungai ini berhulu di kawasan lereng Gunung Merapi yang merupakan percabangan dari Kali Woro.

Lihat juga video 'Fenomena Pladu, Ikan-ikan di Bengawan Solo Teler Gegara Tercemar Limbah Ciu':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)