Berkas Nani Takjil Sianida Dilimpahkan ke PN Bantul, Sidang Perdana Pekan Depan

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 20:29 WIB
Nani Aprilliani Nurjaman, pegirim takjil beracun di Bantul
Nani dijadwalkan akan menjalani sidang perdana pekan depan terkait kasus takjil sianida di Bantul (Foto: Pius Erlangga/detikcom)
Bantul -

Berkas kasus takjil sianida dengan tersangka Nani Aprilliani Nurjaman dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Bantul, DIY. Jaksa menyebut sidang perdana kasus tersebut dijadwalkan digelar pekan depan.

"Hari ini tadi berkas lengkap Nani dari Kejaksaan sudah dikirim ke PN Bantul," kata salah satu dari tim kuasa hukum Nani, Anwar Ary Widodo, kepada detikcom, Kamis (9/9/2021) malam.

"Belum diberitahukan (jadwal sidang perdana). Karena masuk dari Kejari Bantul tadi siang," ucapnya.

Dihubungi terpisah, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri (Kejari) Bantul Sulisyadi membenarkan pelimpahan berkas tersangka Nani di kasus takjil sianida tersebut. Menurutnya, pelimpahan berkas dilakukan pagi tadi.

"Perkara Nani sate sianida tadi pagi pukul 09.45 WIB dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Bantul dan tercatat di PN Bantul dengan Nomor Perkara 224/Pid B/2021/Pn. Btl tertanggal 9 September 2021," kata Sulisyadi kepada detikcom malam ini.

Sulisyadi mengaku sidang perdana dijadwalkan akan berlangsung pekan depan dan direncanakan digelar secara online.

"Sidang pertama akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 16 September 2021 pukul 09.45 WIB dengan agenda pembacaan surat dakwaan," katanya.

"Untuk pembacaan surat dakwaan secara online. Sedangkan untuk sidang selanjutnya menunggu kebijakan majelis hakim," lanjut Sulisyadi.

Diberitakan sebelumnya, berkas kasus takjil sianida dengan tersangka Nani Aprilliani Nurjaman (25) dinyatakan lengkap dan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bantul. Nani kemudian dititipkan ke Lapas khusus perempuan di Gunungkidul.

"Kami menerima pelimpahan tahap 2 perkara atas nama Nani Apriliani Nurjaman alias Tika, yang terkait dengan kasus sate sianida," kata Kepala Kejari (Kajari) Bantul Suwandi saat ditemui di Kantor Kejari Bantul, Rabu (25/8).

Suwandi menyebut berkas kasus Nani sudah P-21. Perkara takjil sianida yang menewaskan seorang anak driver ojek online di Bantul ini pun segera disidangkan.

"Sudah dilimpahkan di kami, karena jaksa kami sudah meneliti sudah lengkap, sehingga layak untuk kami sidangkan," ujarnya.

(rih/mbr)