Muncul Lagi Selebaran di Klaten, Ada yang Singgung Eks Mensos Juliari

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 11:57 WIB
Selebaran kembali muncul di Klaten, Rabu (1/9/2021).
Selebaran kembali muncul di Klaten, Rabu (1/9/2021). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)

Warga di simpang empat Sangkal Putung, Muji juga mengaku tidak tahu terkait pemasangan selebaran tersebut. Saat dirinya datang ke lokasi hari ini, selebaran-selebaran itu sudah tertempel di beberapa titik.

"Saya pagi ke sini sudah ada tempelan itu. Kemarin padahal belum ada," kata Muji kepada detikcom di lokasi.

Selebaran bernada satire berkait PPKM juga ada di kompleks Pemkab Klaten. Pantauan detikcom di kompleks Pemkab Klaten Jalan Pemuda, satu selebaran ditempelkan pada papan rambu yang berada di pintu masuk barat.

Papan rambu itu berisi gambar penunjuk arah masuk dan perintah tamu harap lapor serta kaca harap dibuka. Di bagian papan rambu tertulis 'Bagian umum Setda Kab. Klaten'.

Lembaran selebaran tersebut sama dengan yang ada di jalan protokol pusat kota, GOR dan tugu Perwari. Selebaran terbuat dari kertas ukuran folio.

Tulisan terbuat dari cetakan printer bertinta hitam. Kertas selebaran ditempelkan dengan selotip.

Hanya saja pada selebaran di pintu masuk Pemkab tersebut kalimat yang berbeda yakni sebagai berikut, 'HANYA DISINI NEGARA TAKUT
KRITIKAN!!! *ORANG YANG MENGKRITIK ADALAH ORANG YANG MERDEKA,
ORANG YANG MENERIMA
KRITIKAN ADALAH ORANG YANG PALING MERDEKA
..BUYA HAMKA'.

Sejumlah petugas keamanan langsung memeriksa lokasi bersama staf bagian umum. Selebaran itu akhirnya dicopot setelah diambil gambarnya.

Seorang petugas kebersihan di lingkungan Pemkab Klaten, Budi, mengatakan tidak mengetahui ada tulisan tersebut.

"Saya tidak tahu, sejak pagi juga tidak tahu. Tidak ada yang tahu," kata Budi pada detikcom di lokasi, diang ini.

Kabag Umum Setda Kabupaten Klaten, Rina Nugroho Wahyuning Dewi, mengatakan tidak mengetahui ada selebaran itu.

"Kita tidak tahu. Yang jelas itu liar karena tidak mungkin ada izin," ungkap Rina pada detikcom di kantornya.

Kasatpol PP Pemkab Klaten Joko Hendrawan mengatakan belum mengetahui ada penempelan selebaran itu lagi. Tapi akan segera ditindaklanjuti.

"Kita belum tahu tapi akan kita cek. Nanti kami koordinasi dengan Polres Klaten," kata Joko kepada detikcom di kantornya hari ini.

Sebelumnya diberitakan selebaran dengan berbagai tulisan satire mendadak marak di Klaten, Jateng. Tulisan pada kertas tersebut ditempel-tempelkan di tempat-tempat strategis di pinggir jalan raya. Ada yang berisi sindiran terhadap ulah politisi hingga kebijakan pemerintah soal perpanjangan PPKM.

"Saya tidak tahu yang masang. Kemarin saya pulang jam 14.00 WIB belum ada tapi pagi ini sudah ada," ungkap tukang parkir di simpang empat GOR Gelarsena Klaten, Parno kepada detikcom, Selasa (17/8).


(sip/mbr)