Pembebastugasan Sekda Jepara Atas Dugaan Pelanggaran Berat Akhirnya Dicabut

Dian Utoro Aji - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 11:19 WIB
Ilustrasi Korpri
Ilustrasi Korpri. (Foto: shutterstock)
Jepara -

Pembebastugasan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah Edy Sujatmiko akhirnya dicabut. Edy pun dipastikan bisa bekerja sesuai dengan tupoksi sebagai Sekda Jepara.

"Betul (saat ditanya terkait pencabutan pembebastugaskan Sekda Jepara)," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jepara, Ony Sulistijawan saat dihubungi detikcom lewat sambungan telepon, Rabu (1/9/2021).

Pencabutan pembebastugaskan tersebut pun tertuang dalam surat keputusan (SK) Bupati Jepara No 800/23/2021 tentang Pengaktifan Kembali dalam Jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara. Seperti dilihat detikcom pencabutan pembebastugaskan tersebut per 1 September 2021.

Dengan demikian di SK tersebut dijelaskan, Edy bisa kembali bekerja menjalankan tugas dan fungsi sebagai Sekda Kabupaten Jepara sesuai dengan ketentuan peraturan undang-undang. Pada SK tersebut pun ditanda tangani langsung oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Terkait SK pengaktifan kembali Sekda Jepara, Ony pun membenarkannya. Menurutnya SK itu merupakan keputusan dari Bupati Jepara.

"Sudah ada SK-nya. Ya itu nanti yang bisa menjelaskan pak Bupati," terangnya.

Ony masih enggan menjelaskan secara detail alasan pengaktifamln kembali Sekda Jepara setelah dibebastugaskan sejak pertengahan bulan Agustus 2021 lalu. Menurutnya Edy kembali bekerja karena pelaksana harian (plh) Sekda Jepara yang diisi oleh Dwi Yulianto masa tugasnya sudah selesai per hari ini juga.

"Waduh saya tidak bisa komentar saya. Pencabutannya per tadi pagi. Kan habis plh (Plh Sekda Jepara) ini, waktunya habis kemudian diaktifkan lagi pak Sekda," jelas Ony.

Dia juga tidak menjelaskan secara rinci terkait pemeriksaan kepada Sekda Jepara yang diduga telah melanggar disiplin berat. Ony meminta menunggu penjelasan dari Bupati Jepara langsung.

"Terkait pemeriksaan, ya itu kami belum tahu. Itu pak bupati yang bisa menjawab soal itu," jelas Ony.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...