Bantah Ada Bentrok di Kebumen, Ini Kronologi Perusakan Kantor Versi GMBI

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 21:09 WIB
Kebumen -

Polres Kebumen mengusut kasus perusakan Kantor Sekretariat LSM GMBI Kebumen, Jawa Tengah. Sebanyak 16 orang oknum massa Pemuda Pancasila (PP) ditetapkan sebagai tersangka.

Berdasarkan rilis GMBI yang diterima detikcom, disampaikan kronologi peristiwa yang terjadi pada Senin (23/8) kemarin tersebut.

Berikut isi rilis GMBI:

Penyerangan dan perusakan Kantor Sekretariat LSM GMBI Kebumen oleh oknum massa ormas PP Kebumen terjadi pada Senin (23/8) pukul 12.15 WIB. Kantor tersebut berada di Jalan Yos Sudarso No. 128, Kelurahan Gombong RT 02/02, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen.

Kronologi kejadian, pada Senin (23/8) pukul 09.00 WIB anggota LSM GMBI Kebumen berkumpul di Kantor Sekretariat LSM GMBI untuk melaksanakan audensi ke Polres Kebumen.

Pada pukul 10.00 WIB rombongan PP Kebumen lebih kurang 50 orang melakukan pawai menggunakan sepeda motor sambil teriak-teriak di depan Kantor Sekretariat LSM GMBI menuju ke Stadion Candradimuka Kebumen.

Pukul 10.58 WIB perwakilan LSM GMBI Kebumen sebanyak 5 orang pimpinan Fuad Abdurrahman (Ketua LSM GMBI Distrik Kebumen) berangkat untuk melaksanakan audensi Ke Polres Kebumen dengan menggunakan mobil.

Pukul 12.15 WIB rombongan PP Kebumen dari Stadion Candradimuka Kebumen dengan jumlah lebih kurang 100 orang dengan menggunakan sepeda motor dan mobil menuju ke Gombong langsung melakukan penyerangan dan perusakan Kantor Sekretariat LSM GMBI Kebumen dengan menggunakan senjata tajam, kayu, batu, dan potongan besi.

Akibat peristiwa itu, dua orang anggota LSM GMBI Kebumen luka dan dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Gombong. Kemudian lima unit mobil rusak, Kantor Sekretariat LSM GMBI Kebumen rusak, dua kios rusak, spanduk dan atribut logo LSM GMBI dibakar.

Pada pukul 12.30 anggota ormas PP Kebumen meninggalkan Kantor Sekretariat LSM GMBI. Pukul 14.00 WIB rombongan massa ormas PP dengan jumlah sekitar 70 orang dibawa ke Polres dengan menggunakan 2 kendaraan truk Dalmas dan truk dari Brimob Kutoarjo.

Terjadinya penyerangan dan perusakan Kantor Sekretariat LSM GMBI Kebumen oleh oknum massa ormas PP Kebumen diduga merupakan kejadian rangkaian pemukulan terhadap inisial DS yang diduga dilakukan anggota PP Gombong, yang sedang ditangani Polres Kebumen. Pihak pengacara hukum LSM GMBI turut dalam penyelesaian kasus tersebut.

(rih/mbr)