Apa Hasil Tes Kejiwaan Nani Tersangka Takjil Sianida di Bantul?

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 17:12 WIB
Rekonstruksi kasus takjil sianida yang menewaskan seorang bocah di Kapanewon Sewon, Bantul digelar hari ini. Tersangka memperagakan sejumlah adegan dalam rekonstruksi tersebut.
Nani Aprilliani Jalani Rekonstruksi Kasus Takjil Sianida. (Foto: Agus Septiawan)
Bantul -

Tersangka kasus takjil maut sianida di Bantul, Nani Aprilliani Nurjaman (25) telah menjalani tes kejiwaan. Polisi menyebut hasil tes kejiwaan Nani akan diungkap saat persidangan.

"Hasilnya (tes kejiwaan Nani) nanti dibuka di persidangan," kata Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Ngadi saat ditemui di Mapolres Bantul, Jalan Jenderal Sudirman, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Senin (23/8/2021).

Menyoal lamanya P-21 untuk kasus yang menewaskan seorang bocah anak driver ojek online (ojol) ini, Ngadi mengaku tinggal menunggu kelengkapan berkas dan menyerahkannya ke Kejaksaan.

"Baru sekali ini (serahkan berkas ke kejaksaan), satu berkas," ucapnya.

Lalu bagaimana hasil pengejaran terhadap R yang diduga menyarankan Nani untuk mencampur sianida ke dalam bumbu sate?

"Yang jelas R masih dicari sampai ketemu," ujarnya.

Dihubungi terpisah, salah seorang dari tim kuasa hukum Nani, Anwar Ary Widodo menyebut pihaknya belum mengantongi hasil tes kejiwaan Nani. Menurutnya, hasil tes itu akan disertakan saat pelimpahan berkas Nani ke Kejaksaan pekan ini.

"Untuk hasil tes kejiwaan akan disampaikan dalam BAP berkas lengkap yang akan diberikan JPU nanti, itu kata penyidik," ucapnya.

"Karena tanggal 25 rencananya penyidik menyerahkan berkas lengkap ke kejaksaan dan Nani juga dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Bantul. Nah, tes kejiwaan akan dilampirkan dalam berkas lengkap nanti," lanjut Ary.

Diberitakan sebelumnya, kasus ini berawal dari aksi Nani Aprilliani Nurjaman hingga akhirnya dia diminta menjalani tes kejiwaan atas petunjuk jaksa pada awal Agustus 2021. "Dari RSUP dr. Sardjito hasilnya seminggu kata dokternya," kata Ary Widodo kepada detikcom, Jumat (6/8) malam.

Pihaknya juga mempertanyakan alasan pemeriksaan kejiwaan kliennya. Sebab, kuasa hukum Nani pernah mengajukan hal tersebut namun ditolak oleh polisi.

"Sampai saat tidak disampaikan (alasan Nani tes kejiwaan), walaupun dulu di awal kami mengajukan hal tersebut tapi ditolak justru sekarang malah dari penyidik/Jaksa yang mengajukan untuk dilakukannya tes kejiwaan," ujarnya.

Lihat Video: Permintaan Maaf Pelaku Sate Sianida ke Keluarga Naba Faiz

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)