Menag Berencana ke Arab Saudi untuk Tanyakan Kepastian Haji 2022

Febrian Chandra - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 15:44 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut saat kunker di Blora, Jumat (20/8/2021)
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut. (Foto: Febrian Chandra/detikcom)
Blora -

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut berencana ke Arab Saudi akhir Agustus ini. Kepergiannya itu untuk memastikan keberangkatan haji Indonesia tahun 2022.

"Akhir bulan ini saya akan pergi ke Arab Saudi. Mudah-mudahan ada kesempatan ada izin dari Presiden untuk menanyakan kepastian keberangkatan jemaah haji," ujar Gus Yaqut saat ditemui detikcom usai kunjungan kerja di kantor Kemenag Blora, Jumat (20/8/2021).

Gus Yaqut berencana akan menanyakan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi agar jemaah haji dari Indonesia tahun depan bisa berangkat.

"Ya nunggu kepastian, kalau daftarnya dibuka, hajinya nggak pasti. Daftar buat apa duitnya kan begitu, kita buka setelah ada kepastian. Ini untuk melindungi umat terutama jemaah haji," ujarnya.

Menurutnya, sampai saat ini pemerintah Arab Saudi belum dapat memberikan kepastian waktu pelaksanaan ibadah haji khususnya bagi calon jemaah haji Indonesia.

"Yang punya kewenangan kan Saudi, bukan saya, makanya saya harus ke sana dulu untuk memastikan. Sebelum saya ke sana kan saya nggak bisa memastikan," jelasnya.

Gus Yaqut juga mengatakan, daftar tunggu haji Indonesia rata-rata menyentuh angka 27 tahun. Sedangkan masa tunggu haji dari Jawa Tengah hingga 30 tahun.

"Kita penginnya haji umrah bisa berangkat, sementara sekarang aturannya belum memungkinkan, aturan pemerintah Saudi ya. Oleh karena itu saya harus ke sana untuk bicara bagaimana ini jalan tengahnya, supaya jemaah umrah kita bisa berangkat, jemaah haji bisa berangkat," kata Gus Yaqut.

(sip/rih)