Makin Ramai! Foto Soeharto Ikut Ramaikan 'Perang Baliho'

ADVERTISEMENT

Makin Ramai! Foto Soeharto Ikut Ramaikan 'Perang Baliho'

Robby Bernardi - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 10:00 WIB
Baliho bergambar Soeharto di Pekalongan
Baliho bergambar Soeharto di Pekalongan. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Kabupaten Pekalongan -

Dalam dua pekan ini, baliho menjadi tren di semua daerah. Kebanyakan, foto tokoh politik. Namun, di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, ada baliho bergambar foto Soeharto. Siapa yang memasang? Apa tujuannya?

Baliho Presiden ke-2 RI ini berukuran 3 meter x 4 meter, berada di jantung Desa Wuled, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jateng. Berbeda dengan baliho-baliho lainnya, baliho Soeharto tersebut hanya satu.

Baliho Pak Harto itu berwarna kuning merah dan hitam. Di baliho itu, tertulis, 'Dirgahayu Republik Indonesia ke-76'. Di bawahnya juga disematkan kalimat 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh' dengan latar belakang lambang Garuda Pancasila.

Baliho yang berada di pertigaan jalan desa setempat, satu-satunya baliho terbesar, yang menyolok di antara bendera merah putih di sepanjang jalan.

Menurut warga setempat, pemasangan baliho bergambar mantan penguasa Orde Baru di pertigaan jalan desa dilakukan sejak 10 Agustus lalu. "Kalau tidak salah dipasang sejak Selasa pekan lalu tepatnya 10 Agustus," ucap Ma'ruf, salah seorang warga setempat.

Kepala Desa Wuled, Masduki Jazuli, mengakui baliho tersebut pesanannya.

"Secara pribadi saya memasangnya dengan menggunakan uang pribadi," katanya.

Baliho bergambar Soeharto di PekalonganBaliho bergambar Soeharto di Pekalongan. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)

Menurutnya, dengan uang pribadi Rp 300 Ribu, dirinya memesan baliho dan memasang di pinggir jalan. "Saya sangat suka dengan Pak Harto. Intinya itu," ucapnya.

Masduki menyebut tidak ada yang salah dalam pemasangan baliho Soeharto tersebut ada kaitan apapun dengan dinamika politik saat ini maupun perang baliho besar-besaran dari sejumlah tokoh politik.

"Saya hanya ingin mengingatkan kembali kepada para generasi muda bahwa Indonesia pernah memiliki pemimpin besar yang mampu menyejahterakan rakyatnya dengan keberhasilan swasembada beras," terangnya.

Masduki Jazuli mengatakan baliho akan terpasang selama bulan Agustus. Selepas itu, pihaknya akan menurunkan.

Simak juga 'Survei IPO: Promo Baliho Belum Efektif, Elektabilitas Puan Rendah':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT