Ramai Video Mobil Tak Kuat Nanjak di Bukit Menoreh, Ternyata Ini Sebabnya

Eko Susanto - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 18:12 WIB
Video mobil tak kuat nanjak di perbukitan Menoreh, Kabupaten Magelang, Rabu (18/8/2021).
Video mobil tak kuat nanjak di perbukitan Menoreh, Kabupaten Magelang, Rabu (18/8/2021). (Foto: Tangkapan layar media sosial @magelang_raya)
Kabupaten Magelang -

Video sejumlah orang bergotong royong mengevakuasi mobil yang tidak kuat melewati jalan menanjak di kawasan Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ramai dibahas di medsos. Pengendara mobil tersebut sedianya akan menuju ke sebuah restoran di kawasan tersebut.

Adapun video tersebut salah satunya diposting di akun instagram @magelang_raya. Dalam video tersebut ada orang berbicara 'sing sabar lur. semangat perjuangan, Indonesia Merdeka 76 tahun jalannya masih ekstrem'.

Video tersebut diposting dengan caption di antaranya:

SALAH JALAN Menuju Tumpeng Menoreh:

Akses #TumpengMenoreh ?mudah...

POKOKNYA KALAU BUKAN JALAN ASPAL

BERARTI SALAH JALAN MU SALAH!!

StopDanBertanya

Hindari rute Magelang - borobudur - Ngargoretno untuk ke Tumpeng menoreh.

Sangat sangat tidak DIREKOMENDASIKAN .
Jalan juga sudah diberi keterangan besar besar jadi jangan memaksa.
Kecuali menggunakan mobil 4x4 atau memang niat mau naik Jip / ojek

Video yang diunggah tiga hari yang lalu tersebut sudah ditonton sekitar 25.000 netizen, kemudian ada 80-an orang yang memberikan komentar. Video tersebut juga disukai 2.100 orang.

Menanggapi viralnya video orang yang bergotong royong mengevakuasi mobil tersebut, Penggerak Wisata Gelang Projo dan Divisi Pariwisata Bumdes Argo Inten Ngargoretno, Soim mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Senin (16/8). Saat itu, pengguna mobil dari arah Semarang berencana menuju Tumpeng Menoreh dengan aplikasi Google Maps.

"Pengguna jalan dari arah Semarang rencana mau menuju Tumpeng Menoreh dengan menggunakan Google Maps terdekat. Mereka menggunakan mobil Brio, mobil 4x2 lewat Selorejo (dusun di Desa Ngargoretno) dan sebenarnya sudah ada beberapa papan nama bahwa khusus jalan offroad 4x4 dan motor trail," kata Soim saat dihubungi wartawan, Rabu (18/8/2021).

Soim menjelaskan rute terdekat dari Magelang menuju Tumpeng Menoreh sesuai Google Maps melewati Dusun Selorejo, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman. Kemudian saat sampai di Selorejo ada jasa ojek maupun sewa Jeep untuk menuju Tumpeng Menoreh karena jalannya ekstrem. Untuk itu, telah dipasang pula papan pengumuman di rute tersebut khusus trail atau mobil 4x4.

"Jalan tersebut memang terdekat dari arah Magelang dan menurut Google Maps juga nggak salah jalannya cukup lebar 3,5 meter. Di Selorejo kami juga menyediakan jasa ojek dan jasa wisata adrenalin memakai mobil offroad 4x4 dengan melalui jalan tersebut," ujar Soim.

"Beberapa pengemudi jalan sering nekat menerobos sehingga itu yang kesekian kalinya. Sekitar lebih dari 10 kali para penerobos itu harus dievakuasi karena mobilnya nggak kuat nanjak," tuturnya.

Soim berharap, pemerintah memperbaiki akses jalan di kawasan Menoreh. Sedangkan rute dari wilayah Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo menuju lokasi Menoreh menurutnya sudah bagus.

"Dari arah Semarang bukan rute yang salah menurut maps karena rute terdekat cuma di Wisata Desa Ngargoretno sebenarnya sudah menyediakan wisata adrenalin melalui jalur offroad maupun ojek dan menyediakan tampungan parkiran di halaman rumah-rumah warga," pungkasnya.

Simak juga 'Berburu Sunrise Sambil Kulineran di 'Tumpeng Menoreh'':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)