Tugu Peluru Klaten, Jejak 2 Pejuang yang Gugur Ditembak Pesawat Belanda

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 11:09 WIB
Tugu Peluru Klaten, Rabu (18/8/2021).
Tugu Peluru Klaten, Rabu (18/8/2021). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)

Tridoyo mengatakan Tugu Peluru itu tidak banyak diketahui orang. Sebab selain letaknya tersembunyi juga tidak ada papan petunjuknya.

"Lokasinya tersembunyi, orang kalau lewat tidak tahu. Sekarang mending ada reliefnya, dulu hanya tugu dilingkari rantai," pungkas Tridoyo.

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Klaten, Letkol Purn Soedjiyo, membenarkan monumen itu sebagai penanda lokasi gugurnya dua pejuang yakni Kopral Sayom/Sayem dan Sersan Sadikin.

"Betul, menurut catatan itu tempat gugurnya dua pejuang kemerdekaan RI. Terjadi pertempuran di lokasi," ungkap Soedjiyo kepada detikcom di kantornya.

Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemkab Klaten Yuli Budi Susilowati menambahkan Sersan Sadikin dan Kopral Sayom gugur di lokasi itu usai ditembak senapan mesin dari pesawat Belanda.

"Di lokasi tersebut Sersan Sadikin dan Kopral Sayem gugur terkena tembakan senapan mesin dari pesawat Mustang milik Belanda. Penggambaran peristiwanya ada di relief yang ada di monumen tersebut," ungkap Yuli kepada detikcom.


(sip/mbr)