Mengulik Suksesi Pura Mangkunegaran, Takhta Tak Selalu Turun ke Anak

ADVERTISEMENT

Mengulik Suksesi Pura Mangkunegaran, Takhta Tak Selalu Turun ke Anak

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 19:49 WIB
Prosesi pemakaman KGPAA Mangkunegara IX akan dilakukan hari ini. Sejumlah tokoh datangi Pura Mangkunegaran untuk ikuti prosesi pemakaman KGPAA Mangkunegara IX.
Suasana di Pura Mangkunegaran jelang pemakaman KGPAA Mangkunegara IX (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Sepeninggal Mangkunegara IX pada Jumat (13/8), masih belum ditentukan siapa calon pewaris tahta Pura Mangkunegaran. Ada dua kandidat yang menjadi pewaris, yaitu GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo.

Paundra adalah anak pertama Mangkunegara IX dengan putri Sukarno, Sukmawati Soekarnoputri. Mangkunegara IX dan Sukmawati kemudian bercerai pada 1983 silam.

Sementara Bhre adalah anak bungsu Mangkunegara IX. Namun Bhre merupakan satu-satunya anak laki-laki dari permaisuri Mangkunegara IX, Prisca Marina.

Kedua putra Mangkunegara IX, yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sempat berfoto bersama di pusara sang ayah.Kedua putra Mangkunegara IX, yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sempat berfoto bersama di pusara sang ayah. Foto: Andika Tarmy/detikcom

Lantas siapa yang berpeluang menjadi calon pewaris tahta Pura Mangkunegaran?

"Kalau melihat sejarah, keduanya memiliki kesempatan yang sama, dan di era sekarang kan keputusan ada di tangan keluarga. Berbeda dengan zaman dulu yang ada campur tangan Belanda," pungkas Susanto.


(rih/ams)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT