ADVERTISEMENT

Suksesi Mangkunegaran

Profil Bhre Cakrahutomo, Putra Tunggal Mangkunegara IX dari Permaisuri

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 16:51 WIB
Putra bungsu KGPAA Mangkunegara IX, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo usai pemakaman sang ayah di Astana Girilayu, Karanganyar.
Putra bungsu KGPAA Mangkunegara IX, GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo usai pemakaman sang ayah di Astana Girilayu, Karanganyar. Foto: Andika Tarmy/detikcom
Solo -

Takhta kepemimpinan Pura Mangkunegaran masih belum ditentukan. Ada dua kandidat kuat, yakni kedua putra mendiang KGPAA Mangkunegara IX, GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo.

Berbeda dengan Paundra yang namanya sudah dikenal, sosok Bhre masih masih jarang didengar masyarakat. Tak banyak pula informasi mengenai Bhre di dunia maya.

Bhre merupakan putra tunggal sang prameswari Mangkunegara IX, Prisca Marina. Bhre memiliki seorang kakak perempuan bernama GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo.

Lahir pada 29 Maret 1997, usia Bhre masih cukup muda, yakni 24 tahun. Dia diketahui merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) dan memiliki prestasi.

Dilansir dari situs puromangkunegaran.com, Bhre yang tergabung dalam Tim Mooting Vis FH UI berhasil mendapatkan gelar champion pada sesi final Pre-Moot Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot yang ke-10 di Praha, Republik Ceko pada 11 Maret 2018.

Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot (Vis Moot) adalah pertandingan pengadilan semu yang diselenggarakan oleh Pace Law School, Vis Moot Foundation dan United Nations Commission on International Trade Law. Sedangkan Pre-moot adalah pemanasan para peserta untuk memperbaiki argumen dan latihan tanding sebelum terjun ke ajang Vis Moot.

Di akhir hayat ayahandanya, Bhre mendapatkan tugas penting. Dia diberi tanggung jawab dalam proyek renovasi Mangkunegaran yang sedang dilakukan pemerintah.

"Beliau sudah lulus dari FH UI, sekarang diberi tanggung jawab dalam renovasi Mangkunegaran. Tentu beliau harus mempelajari sejarah-sejarah tentang bangunan Mangkunegaran," kata Ketua Himpunan Kerabat Mangkunegaran (HKMN) Satyotomo saat dihubungi detikcom, Senin (16/8/2021).

Bhre juga sudah mulai tampil dalam berbagai acara Pura Mangkunegaran sejak beberapa tahun lalu. Salah satunya pernah menjadi cucuk lampah atau orang yang berada di barisan terdepan saat kirab pusaka malam 1 Suro.

Bhre sempat ditanya mengenai suksesi kepemimpinan Pura Mangkunegaran usai pemakaman sang ayah, Mangkunegara IX. Namun, Bhre mengaku masih fokus dengan pemakaman ayahnya.

"Kalau itu (suksesi Mangkunegaran) mungkin porsinya bukan di kami ya. Itu bukan sesuatu yang kami bisa bicarakan sejujurnya, dan saya nggak bisa bicara banyak," ujar Bhre saat diwawancara di Astana Girilayu, Karanganyar, Minggu (15/8).

"Saya juga kurang paham untuk itu, ya tentunya belum ada pembahasan, karena kita beberapa hari sebelum ini dan beberapa waktu setelah ini, fokus kami tetap di Romo, dan tentu kami hanya fokus yang terbaik untuk Romo," imbuhnya.

Lihat juga Video: Pelayat Mangkunegara IX Datang Dari Jauh

[Gambas:Video 20detik]



(rih/ams)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT