Keren! Bendera Merah Putih Membentang di Puncak Bukit Terjal Banjarnegara

ADVERTISEMENT

Keren! Bendera Merah Putih Membentang di Puncak Bukit Terjal Banjarnegara

Uje Hartono - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 12:41 WIB
Bendera merah putih membentang di puncak bukit Karang Gumantung di Banjarnegara, Senin (16/8/2021)
Bendera merah putih membentang di puncak bukit Karang Gumantung di Banjarnegara (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Para pecinta alam membentangkan bendera merah putih raksasa di puncak bukit Karang Gumantung di Banjarnegara, Jawa Tengah. Pengibaran bendera sepanjang 45 meter ini dalam rangka menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia.

Proses pembentangan bendera merah putih ini di objek wisata Karang Gumantung, Desa Kebutuh Jurang, Kecamatan Pagedongan ini cukup sulit karena melalui medan yang terjal. Terlebih bendera merah putih ini dibentangkan di atas bebatuan terjal setinggi 15 meter.

Butuh waktu sekitar satu jam bagi 25 anggota komunitas pecinta alam Banjarnegara untuk membentangkan bendera sepanjang 45 meter di atas bukit eksotis setinggi 800 mdpl itu.

"Pembentangan bendera merah putih ini untuk memperingati hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia," kata anggota pecinta alam Palasmala Banjarnegara Ani Febriyanti di sela-sela kegiatan pembentangan bendera, Senin (16/8/2021).

Koordinator Pecinta Alam Palasmala Banjarnegara, Arif Sofikhin, mengatakan bendera yang dibentangkan memiliki ukuran panjang 45 meter selebar 4 meter. Arif berharap pengibaran bendera merah putih ini bisa memupuk nasionalisme meski di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19.

"Karena ini sedang pandemi jadi perayaannya bukan dengan ramai-ramai. Kami membentangkan bendera sepanjang 45 meter dengan lebar 4 meter," ujar Arif.

Bendera merah putih membentang di puncak bukit Karang Gumantung di Banjarnegara, Senin (16/8/2021)Bendera merah putih membentang di puncak bukit Karang Gumantung di Banjarnegara, Senin (16/8/2021). Butuh waktu satu jam untuk membentangkan bendera sepanjang 45 meter dan selebar 4 meter ini. (Foto: Uje Hartono/detikcom)

Di sisi lain, pihaknya berharap dengan pembentangan bendera merah putih sepanjang 45 meter ini juga bisa turut mempromosikan objek wisata yang selama ini tutup karena PPKM. Arif berharap agar PPKM segera selesai dan objek wisata alam kembali dibuka.

"Pembentangan bendera sengaja dilakukan di objek wisata karena ingin objek wisata kembali dibuka setelah PPKM. Kami berharap, PPKM tidak diperpanjang lagi agar objek wisata dibuka lagi," harapnya.

Lihat juga video 'Kemeriahan Anak-anak di Papua Kibarkan Bendera Merah Putih':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT