Potret 2 Putra Mangkunegara IX Paundra-Bhre di Pusara Sang Ayah

Andika Tarmy - detikNews
Minggu, 15 Agu 2021 15:22 WIB
Kedua putra Mangkunegara IX, yakni GPH Paundrakarna Sukma Putra dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sempat berfoto bersama di pusara sang ayah.
Kedua putra Mangkunegara IX, yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sempat berfoto bersama di pusara sang ayah (Foto: Andika Tarmy/detikcom) Jiwa Suryanegara Jiwa Suryanegara
Karanganyar -

Pengageng Pura Mangkunegara KGPAA Mangkunegara IX dimakamkan di Astana Girilayu, Karanganyar hari ini. Kedua putra Mangkunegara IX, yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sempat berfoto bersama di pusara sang ayah.

Pantauan di Astana Girilayu, Karanganyar, Minggu (15/8/2021), sesi foto bersama itu dilakukan setelah prosesi pemakaman Mangkunegara IX selesai. Paundra dan Bhre tampak memegangi foto sang ayah Mangkunegara IX.

Usai berfoto bersama, keduanya juga sempat melempar senyum. GPH Bhre yang umurnya lebih muda, sempat melayangkan sembah sungkem kepada kakaknya tersebut.

GPH Paundra dan GPH Bhre sendiri disebut-sebut menjadi calon suksesor untuk memimpin Pura Mangkunegaran. Namun pihak Mangkunegaran belum bersedia memberikan keterangan resmi terkait suksesor Mangkunegara IX.

Untuk diketahui, Mangkunegara IX pernah menikah dua kali, pertama dengan putri ketiga Bung Karno yakni Sukmawati Soekarnoputri, dan terakhir dengan Prisca Marina yang kini menjadi permaisuri.

Dari pernikahan pertama dengan Sukmawati lahir GPH Paundrakarna Sukma Putra dan GRA Putri Agung Suniwati (Menur). Kemudian dari pernikahan kedua dengan Marina lahirlah dua anak yakni GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan GRA Ancilla Sura Sudjiwo.

KGPAA Mangkunegara IX wafat pada Jumat (13/8), pukul 02.50 WIB di Jakarta. Pemilik nama kecil Sudjiwo Kusumo itu wafat di usia 70 karena sakit.

Iring-iringan jenazah KGPAA Mangkunegara IX diberangkatkan dari Pura Mangkunegaran pukul 10.40 WIB tadi. Sebelum masuk ke mobil jenazah, dilakukan upacara brobosan oleh keluarga Mangkunegara IX. Tampak anak-anak Mangkunegara IX mengikuti brobosan.

Selama prosesi pemberangkatan, jenazah diiringi gending Menyan Kober, Laler Menggeng, Renyep dan Ketawang.

Simak Video: Momen Haru Pemakaman KGPAA Mangkunegara IX di Astana Giri Layu

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)