Cerita Sumarni Kenang KGPAA Mangkunegara IX Pelanggan Gudeg Buatan Ibunya

Kartika Bagus - detikNews
Minggu, 15 Agu 2021 16:14 WIB
Sejumlah warga turut mengantar Pengageng Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara IX ke peristirahatan terakhir di Astana Giri Layu, Karanganyar, Minggu (15/8/2021)
Sejumlah warga turut mengantar Pengageng Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara IX ke peristirahatan terakhir di Astana Giri Layu, Karanganyar, Minggu (15/8/2021) Foto: Kartika Bagus/detikcom
Karanganyar -

Sejumlah warga turut mengantar pemakaman Pengageng Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara IX ke peristirahatan terakhirnya di Astana Girilayu, Karanganyar, hari ini. Salah satunya, Sumarni Sugeng Maryono, (58) yang mengenang Mangkunegara IX sebagai salah satu pelanggan gudeg ibunya.

"Pertama beliau adalah raja, dan dulu waktu ibu saya berjualan nasi gudeg jadi langganan paling disayang Gusti Jiwo, sudah kayak keluarga", kata Sumarni saat ditemui di Astana Giri Layu, Matesih, Karanganyar, Minggu (15/8/2021).

Sumarni pun tidak merasa kecewa meski dilarang mengikuti prosesi pemakaman KGPAA Mangkunegara IX yang memiliki nama kecil Sudjiwo Kusumo ini. Dia pun turut mendoakan Gusti Jiwo diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Kita semua sebagai rakyatnya hanya berdoa yang terbaik untuk beliau dan agar jadi umatnya yang paling dikasihi dari Tuhan", tambah wanita asal Colomadu ini.

Terpisah, Juru kunci Astana Girilayu, Hadi Astana, menuturkan jenazah Mangkunegara IX dimakamkan di samping makam sang ayah, Mangkunegara VIII. Hadi pun meminta warga untuk tidak memasuki area permakaman karena dikhususkan bagi keluarga dan kerabat Pura Mangkunegaran.

"Kami mohon maaf, prosesi pemakaman hanya boleh diikuti keluarga dan kerabat serta yang mendapatkan izin dari Pura Mangkunegaran," kata Hadi Astana.

Sejumlah warga turut mengantar Pengageng Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara IX ke peristirahatan terakhir di Astana Giri Layu, Karanganyar, Minggu (15/8/2021)Sejumlah warga turut mengantar Pengageng Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara IX ke peristirahatan terakhir di Astana Giri Layu, Karanganyar, Minggu (15/8/2021) Foto: Kartika Bagus/detikcom

Sebelumnya diberitakan, KGPAA Mangkunegara IX wafat pada Jumat (13/8), pukul 02.50 WIB di Jakarta. Pemilik nama kecil Sudjiwo Kusumo itu wafat di usia 70 karena sakit.

Untuk diketahui, Mangkunegara IX pernah menikah dua kali, pertama dengan putri ketiga Bung Karno yakni Sukmawati Soekarnoputri, dan terakhir dengan Prisca Marina yang kini menjadi permaisuri.

Dari pernikahan pertama dengan Sukmawati lahir GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GRA Putri Agung Suniwati (Menur). Kemudian dari pernikahan kedua dengan Marina lahirlah dua anak yakni GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan GRA Ancilla Sura Sudjiwo.

Simak juga Video: Pelayat Mangkunegara IX Datang Dari Jauh

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)