Begini Detail Rangkaian Prosesi Pemakaman KGPAA Mangkunegara IX Besok

Ari Purnomo - detikNews
Sabtu, 14 Agu 2021 21:21 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka hadir melayat KGPAA Mangkunegara IX di Pura Mangkunegaran hari ini.
Suasana di Pura Mangkunegaran. (Foto: Kartika Bagus)
Solo -

Prosesi pemakaman Pengageng Mangkunegara Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX akan berlangsung besok. Berdasarkan susunan acara yang disampaikan Humas Mangkunegaran, Joko Pramudyo, prosesi akan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

"Untuk prosesi akan dimulai pukul 10.00 WIB," tuturnya kepada detikcom, Sabtu (14/8/2021).

Selanjutnya prosesi akan dilanjutkan pembacaan riwayat hidup almarhum oleh Rat Supriyanto Waluyo. Dilanjutkan dengan pambagyoharjo yang akan disampaikan oleh KPH Cuk Susilo.

"Sambutan dari Pemkot Solo, penyerahan akta kematian, doa oleh Yogiswara, brobosan dan pemberangkatan jenazah," kata Joko.

Sementara untuk tata cara prosesi pemakaman berada paling depan adalah senopati lampah yakni KRMT Lilik Tirtodinigrat didampingi KRMT Hudoko Artisto dan KRMH Hariadi Anggoro.

Joko menyampaikan selanjutnya yakni bagian foto oleh RM Anglir Bawono/RM Rehan, disusul bagian pembawa bunga, pembawa peti jenazah.

Selanjutnya rombongan dari pihak keluarga, ulama, lintas agama, brobosan R. Ay. T Anna Hundoko. Kemudian peti akan dimasukkan ke mobil dan diberangkatkan ke Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar.

"Akan diiringi gending Menyan Kober, Laler Mengeng, Renyep dan Ketawang," kata Joko.

Sedangkan untuk rute pemberangkatan akan dimulai dari Pura Mangkunegaran menuju ke Jalan Diponegoro.

Rombongan menuju ke Jalan Slamet Riyadi-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Urip Sumoharjo-Jalan Ir Sutami-Jalan Kolonel Sutarto-Jalan Raya Solo-Karanganyar-Matesih dan tiba di Astana Girilayu.

(sip/sip)