ADVERTISEMENT

Round-Up

Mangkatnya Mangkunegara IX

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Agu 2021 06:59 WIB
Jenazah KGPAA Mangkunegara IX akhirnya tiba di Solo, Jawa Tengah. Sesampainya di Pura Mangkunegaran, Solo, jenazah disemayamkan di Ndalem Ageng.
Jenazah KGPAA Mangkunegara IX Disemayamkan di Ndalem Ageng. (Foto: Agung Mardika)

Namun, Bhre tidak mengetahui secara langsung wafatnya Mangkunegara IX. Sebab, Bhre tengah berada di Solo, sedangkan ayahnya di Jakarta.

"Ini mendadak kejadiannya, bahkan beberapa hari sebelumnya beliau masih sehat. Pagi hari saya masih teleponan dengan beliau, habis itu tahu-tahu malamnya meninggal. Saya juga tidak tahu kejadian persisinya karena saya di sini (Solo)," terang dia.

Polisi meminta masyarakat Solo untuk tidak datang melayat untuk mencegah terjadinya klaster virus Corona atau COVID-19.

"Warga masyarakat yang hendak melayat tidak perlu datang ke Pura Mangkunegaran cukup memanjatkan doa saja. Pelayat hanya dibatasi kerabat dan keluarga beliau saja," terang Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan ditemui di Pura Mangkunegaran, Solo, kemarin.

Ade Safri menyebut untuk mengantisipasi para pelayat yang datang membeludak, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait. Di antaranya Kodim 0735/Solo, Satgas COVID-19 dan juga dari pihak Pura Mangkunegaran.

"Kami koordinasi efektif terutama pelibatan Satgas COVID-19 agar tidak muncul klaster baru. Nanti dibuat satu pintu, arus pelayat yang dibatasi hanya dari keluarga dan kerabat saja yang boleh masuk," terang Ade Safri.

Para kerabat Mangkunegaran yang hadir melayat pun bakal dicek suhu tubuhnya. Protokol kesehatan ketat juga bakal diterapkan selama prosesi pemakaman KGPAA Mangkunegara IX.

"Prokes diterapkan dengan mengukur suhu tubuh, pelaksanaan prosesnya dilakukan mulai dari masuk akses masuknya hingga di dalam asistensi dengan Satgas COVID-19 selama pelaksanaan prosesi," urainya.


(sip/sip)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT