Datangi Pura Mangkunegaran, Kapolda Jateng Antisipasi Kerumunan Pelayat

Ari Purnomo - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 19:54 WIB
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi di Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (13/8/2021).
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi di Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (13/8/2021). Foto: Ari Purnomo/detikcom
Solo -

Jenazah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX saat ini disemayamkan di Pura Mangkunegaran, Solo, sebelum dimakamkan pada Minggu lusa. Untuk mengantisipasi kerumunan, polisi akan membatasi jumlah pelayat dengan tidak membuka semua pintu di Pura Mangkunegaran.

"Tidak semua pintu kita buka, pintu dibatasi, khusus timur dibuka, kita kasih pengertian kepada masyarakat," kata Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi kepada wartawan di Pura Mangkunegaran, Jumat (13/8/2021).

Jika ada masyarakat yang ingin melihat prosesi pemakaman KGPAA Mangkunegara IX, lanjut Luthfi, akan disiapkan fasilitas virtual. Dengan begitu, masyarakat bisa menyaksikan setiap prosesinya.

"Masyarakat yang menghendaki (menyaksikan pemakaman) kasih layar, supaya masyarakat bisa tahu kalau bahwa Raja Mangkunegara telah mangkat," tuturnya.

Sementara itu untuk pengamanan selama prosesi hingga ke pemakaman, Luthfi mengatakan semuanya sudah dipersiapkan.

"Untuk pengamanan sudah dipersiapkan oleh Kapolresta Solo. Satu saat pelaksanaan pengajian beliau dimakamkan secara muslim, prokes kita persiapkan supaya tidak terjadi kerumunan," ujarnya.

Nantinya Satgas COVID-19 Solo juga akan koordinasi dengan Pura Mangkunegaran sehingga dalam pelaksanaannya sesuai dengan yang diharapkan.

"Nanti Karo Ops yang mengendalikan, masyarakat Karanganyar dan Solo sudah mengerti tentang kegiatan ini," ucapnya.

Terkait dengan jalur yang akan dilalui oleh iring-iringan, Ahmad Luthfi menyampaikan akan melalui jalur biasa. Meski begitu, untuk jalur khusus akan dilakukan pengamanan secara internal.

"Khusus jalur biasa, jalur alternatif akan dirapatkan secara internal," tuturnya.

Di sisi lain, Luthfi yang merupakan mantan Kapolresta Solo ini mengenang KGPAA Mangkunegara IX sebagai tokoh yang patut menjadi teladan. Luthfi juga mengaku sempat berbincang dengan Mangkunegara IX beberapa hari yang lalu.

"Beliau santun semarak, empat hari yang lalu sempat komunikasi. Sinuhun sangat kita segani raja yang patut disuri teladani, maupun mengelola kegiatan-kegiatan Mangkunegaran di Solo," pungkasnya.

Simak video 'KGPAA Mangkunegara IX Wafat, Pemakaman Bakal Secara Prokes':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/ams)