Warga Tegal Keluhkan Bau Menyengat Bikin Mual, Ternyata Ini Sumbernya

- detikNews
Senin, 09 Agu 2021 16:09 WIB
Drum berisi diduga limbah kimia penyebab bau menyengat di Kabupaten Tegal, Senin (9/8/2021).
Drum berisi diduga limbah kimia penyebab bau menyengat di Kabupaten Tegal, Senin (9/8/2021). (Foto: dok Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal)
Kabupaten Tegal -

Warga sejumlah desa di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah mengeluhkan bau menyengat yang membuat mual. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal mengungkap sumber dari bau itu diduga limbah kimia.

"Bau itu asalnya dari limbah yang di Lemahduwur Adiwerna. Saya tidak berani buka karena bisa beracun. Kalau isinya kemungkinan limbah kimia," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, Muchtar Mawardi, saat dihubungi wartawan, Senin (9/8/2021).

Muchtar mengatakan limbah itu berasal dari Kabupaten Batang yang dikirim ke Kabupaten Tegal beberapa hari lalu. Namun limbah itu, kata dia, sudah dikembalikan ke asalnya di Batang karena menimbulkan bau yang mengganggu masyarakat.

"Berhubung menimbulkan bau yang menyengat, saya minta dikembalikan ke Batang dengan pengawalan polisi," sambungnya.

Limbah tersebut sempat dikeluhkan warga di Kecamatan Adiwerna dan Talang. Warga mengaku bau limbah ini seperti gas elpiji.

Menurut salah seorang warga Desa Pesarean Kecamatan Talang, Hidayat (57) saking menyengatnya, bau tersebut membuatnya sesak napas.

"Baunya seperti gas elpiji dan membuat mual. Saya lihat di medsos katanya dari limbah kimia," tutur Hidayat.

(Imam Suripto/ams)