Pekalongan Diprediksi Akan Tenggelam, Begini Kondisi Permukiman Warga

Robby Bernardi - detikNews
Minggu, 08 Agu 2021 13:18 WIB
Kondisi permukiman warga di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, yang berada di bawah permukaan air sungai dan laut, Sabtu (7/8/2021).
Kondisi permukiman warga di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, yang berada di bawah permukaan air sungai dan laut, Sabtu (7/8/2021). Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pekalongan -

Warga di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, selalu heran. Tanah permukiman yang ditempati seakan-akan amblas karena selalu berada di bawah permukaan air sungai maupun air laut.

Padahal, upaya meninggikan tanah dan lantai rumah telah dilakukan oleh warga. Tidak hanya satu kali saja, beberapa kali upaya itu dilakukan warga agar air tidak masuk ke rumah.

Rata-rata warga sudah tiga kali meninggikan tanah hingga total sekitar 1,7 meter sejak tahun 2010 silam. Namun, tetap saja permukaan air sungai masih saja tinggi dibandingkan dengan tanah di permukiman. Akibatnya, air rob yang masuk ke sungai melimpas ke permukiman setempat.

"Saya lahir di sini, sebelumnya tidak seperti ini. Dulu, air sungai lebih rendah dari tanah pemukiman sini. Tapi saat ini, air sungai seperti semakin tinggi. Tanggul telah dibuat, tetap saja air sungai melimpas masuk ke pemukiman," kata warga RW 06, Kelurahan Panjang Wetan, Subagyo (56), saat ditemui detikcom di rumahnya, Sabtu (7/8/2021).

Rumah Subagyo persis di sisi barat Sungai Loji, berjarak sekitar 8 meter. Sedangkan dari bibir pantai, berjarak sekitar 1 kilometer.

Menurutnya, permukiman setempat mulai terjadi kasus banjir rob sejak tahun 2005 lalu namun belum begitu parah. Air rob dari laut masuk ke sungai dan melimpas ke permukiman akibat sungai tidak lagi bisa menampung debit air.

"Namun, kian tahun ke sini, semakin parah, walaupun tanah pemukiman warga sudah ditinggikan," ungkapnya.

Bangunan rumah warga di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, semakin pendek, Sabtu (7/8/2021).Bangunan rumah warga di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, semakin pendek, Sabtu (7/8/2021). Foto: Robby Bernardi/detikcom

Berbagai upaya warga telah dilakukan termasuk meninggikan lantai rumahnya. Sementara itu, pemerintah juga membuatkan tanggul di sepanjang bantaran sungai setempat dan juga meninggikan jalan-jalan di permukiman.

"Tanggul sudah dibuat. Jalan juga sudah ditinggikan dua kali. Kami juga sudah meninggikan lantai. Soalnya, kalau lantai tanah tidak ditinggikan, air akan terjebak di dalam rumah karena jalan sudah tinggi," katanya.

"Lantai tanah rumah saya saja, sudah saya tinggikan bertahap. Tiga kali. Saat ini total sudah lebih tinggi 1,7 meter, dari semulanya. Lihat saja, rumah saya jadi seperti pendek," ucap Subagyo.

Subagyo menunjukkan kondisi lantai rumahnya saat ini yang jauh di bawah permukaan sungai setempat.

Selengkapnya di halaman selanjutnya...

Simak Video: Blak-blakan Dr Heri Andreas, Pekalongan & Semarang Lebih Dulu Tenggelam

[Gambas:Video 20detik]