PPKM Level 4 Diperpanjang, Begini Penyekatan-Penutupan Jalan di Bantul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 18:28 WIB
Penutupan ruas Jalan Bantul di simpang 4 Dongkelan, Selasa (3/8/2021).
Penutupan ruas Jalan Bantul di simpang empat Dongkelan, Selasa (3/8/2021). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Bantul -

Penyekatan jalan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dilonggarkan selama masa perpanjangan PPKM Level 4 kali ini. Arus kendaraan kini bisa kembali melintas menuju arah utara atau ke Kota Yogyakarta melalui simpang empat Druwo dan simpang empat Wojo.

"Ya sementara pelonggaran penyekatan kita di (simpang empat) Wojo dan (simpang empat) Druwo, jadi yang arah ke Yogya kita buka," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul Aris Suharyanta saat dihubungi wartawan, Selasa (3/8/2021).

Dua jalur itu dibuka pada kemarin malam. Pengendara dari Jalan Imogiri Barat dan Jalan Parangtritis kini bisa masuk ke Kota Yogyakarta.

Meski membuka kedua simpang tersebut, Aris memastikan sejumlah ruas jalan lainnya tetap ditutup.

"Tapi yang arah ke Bantul, baik di Druwo maupun (simpang empat) Dongkelan itu tetap kita tutup 24 jam," ucapnya

Adapun beberapa ruas jalan yang tetap ditutup di antaranya seperti di simpang empat Klodran, simpang empat Gose, simpang lima Bejen serta sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Penutupan itu dimulai sejak pukul 20.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

"Selain itu yang di Kota (Bantul) juga diikuti pemadaman lampu PJU (penerangan jalan umum)," ucapnya.

Menyoal penyekatan di jalur menuju tempat wisata, Aris mengaku masih menunggu petunjuk dari Satgas COVID-19 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Menurutnya, saat ini Satgas tengah menyusun draft terkait penyekatan di jalur wisata.

"Untuk penyekatan di sejumlah jalan menuju objek wisata kami masih menunggu surat edaran dari Ketua Gugus Tugas COVID-19 DIY," ujarnya.

(sip/rih)