PPKM Level 3 Boyolali Diperpanjang, Minggu di Rumah Saja Dihentikan

Ragil Ajiyanto - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 17:46 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi PPKM (Edi Wahyono)
Boyolali -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, Jawa Tengah, menghentikan program Hari Minggu di Rumah Saja saat PPKM yang diperpanjang hingga 9 Agustus 2021. Boyolali termasuk wilayah yang melaksanakan PPKM level 3.

"Iya, PPKM level 3 diperpanjang. Surat Edaran-nya (SE Bupati) sudah kita terbitkan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Boyolali, Masruri, kepada detikcom, Selasa (3/8/2021).

Masruri menyatakan, untuk program Minggu di Rumah Saja pada pekan depan dihentikan. Hanya saja, jika nanti kasus COVID-19 di Boyolali meningkat lagi, maka kebijakan Minggu di Rumah Saja akan kembali dilaksanakan.

"Minggu di Rumah Saja, minggu berikutnya sudah tidak. Hanya nanti, kalau kasusnya (COVID-19) meningkat lagi, Hari Minggu di Rumah Saja akan kita teruskan kalau kasusnya meningkat," kata Masruri.

Lebih lanjut, Masruri, menjelaskan tidak banyak perubahan dalam Instruksi Bupati tentang perpanjangan PPKM kali ini. Aturan-aturannya masih sama dengan sebelumnya. Aturan itu tertuang dalam Instruksi Bupati Boyolali Nomor 06 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 Dalam Penanganan COVID-19 di Kabupaten Boyolali.

Dalam Instruksi Bupati ini, masyarakat masih dilarang menggelar hajatan pernikahan dan khitanan. Namun warga masih bisa menggelar nikahan yang dilaksanakan di kantor KUA maupun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), dengan protokol kesehatan ketat serta hanya dihadiri keluarga inti. Waktunya pun dibatasi 60 menit. Khitanan diperbolehkan di tempat fasilitas kesehatan dan melibatkan maksimal 5 orang dari keluarga inti.

Mini market, toko kelontong, pasar tradisional dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari operasional sampai dengan pukul 20.00 WIB dengan jumlah pengunjung paling banyak 50%. Pasar tradisional yang menjual barang non kebutuhan sehari-hari dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50% dan jam operasi sampai dengan pukul 15.00 WIB dengan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Selengkapnya di halaman selanjutnya...