Bermodal Tabung Pinjaman, Pokja di Klaten Antar Oksigen ke Warga Isoman

Achmad Syauqi - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 17:51 WIB
Relawan Pokja Oksigen di Polanharjo Klaten mengisi oksigen. Tim Pokja Oksigen ini membagikan oksigen gratis bagi warga isoman
Relawan Pokja Oksigen di Polanharjo Klaten mengisi oksigen (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Pokja Oksigen di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, memberikan layanan pengisian oksigen gratis bagi warga positif virus Corona atau COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Bermodalkan tabung oksigen pinjaman dan modal saweran, tim ini melayani pengisian oksigen dengan sistem jemput bola.

"Begitu habis lapor kita ambil. Jadi kita jemput bola karena kan mendatangi orang positif," ungkap tim distribusi Pokja Oksigen Kecamatan Polanharjo, Catur Nugroho, pada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Catur menyebut hampir setiap hari ada warga membutuhkan isi ulang oksigen. Namun karena yang membutuhkan oksigen warga isoman, tidak mungkin mereka datang sendiri.

"Warga tidak mungkin datang sendiri karena ada keluarganya yang isoman. Kita datang ke rumah," lanjut Catur.

Saat mengambil dan menyerahkan tabung pun, terang Catur, mereka juga tetap menerapkan protokol kesehatan. Petugas tidak bersentuhan.

"Tabung kita ambil disemprot disinfektan. Petugas juga menggunakan APD sebab yang kita layani positif COVID," ujar Catur.

Terpisah, Ketua Pokja Oksigen Kecamatan Polanharjo, Mujahid Jariyanto, mengatakan awal ide Pokja Oksigen ini dibentuk karena prihatin banyak kasus meninggal kekurangan oksigen saat isoman. Selain itu, ada akses dari tim relawan untuk memberikan bantuan tersebut.

"Ada anggota DPRD punya akses dan kita diminta menyediakan tabung. Kebetulan peternak ikan di Kecamatan Polanharjo sepi lalu kita pinjam tabung oksigennya," terang Mujahid pada wartawan.

Mujahid menerangkan timnya saat ini mendapatkan pinjaman 11 tabung besar. Dia menyebut operasional timnya dilakukan dengan cara saweran atau iuran.

"Kalau membeli tidak mungkin, barang susah dan kalau ada harganya berlipat. Untuk dana kita saweran dengan uang pribadi, tapi ada juga para dermawan," sambung Mujahid.

Pelayanan antar oksigen itu diberikan gratis bagi warga Kecamatan Polanharjo. Untuk kecamatan pihaknya belum melayani warga isoman dari kecamatan lainnya.

"Kita masih terbatas di wilayah Kecamatan Polanharjo, gratis. Kadang kita kirim jam 02.00 WIB atau tengah malam sudah biasa," cerita Mujahid.

Camat Polanharjo, Joko Handoyo, menambahkan pembentukan Pokja Oksigen itu untuk memenuhi kebutuhan oksigen warga Kecamatan Polanharjo.

"Yang melatarbelakangi karena gejala umum itu sesak napas, padahal RS kadang penuh sehingga dirawat di rumah. Kita bersama para kades, relawan dan tokoh masyarakat sepakat membuat Pokja Oksigen," papar Joko saat ditemui detikcom di kantornya.

Lihat juga video 'Agen Isi Ulang Oksigen di Sukoharjo Ini Rela Dibayar Seikhlasnya':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)