Mendagri: Semua Indikator Turun, PPKM Berjalan Bagus!

Imam Suripto - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 16:25 WIB
Mendagri, Tito Karnavian
Mendagri, Tito Karnavian. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menegaskan pelaksanaan PPKM Darurat hingga perpanjangan yang dilakukan pemerintah telah berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan penurunan semua indikator.

Pernyataan ini diungkapkan usai melakukan rakor dengan Bupati Brebes, Idza Priyanti, di pendopo Kabupaten Brebes, Kamis (29/7/2021).

"PPKM berjalan cukup bagus, ini ditandai dengan penurunan semua indikator, termasuk kasus COVID-19 trennya menurun," ungkap Tito Karnavian kepada wartawan.

Beberapa indikator yang menurun itu, kata Tito antara lain BOR, angka kematian dan positive rate. Khusus angka kesembuhan, Mendagri mengatakan mengalami peningkatan.

Selama PPKM, bed occupancy rate (BOR) yang semula tinggi hingga 100 persen turun menjadi 68 persen. Tito berharap BOR ini bisa terus ditekan hingga di bawah angka 50 persen.

"Kemudian BOR itu sekarang turun, sudah 68 persen. Tapi kalau mau aman harus di bawah 50 persen, biar masyarakat yang akan dirawat karena COVID bisa mendapatkan tempat tidur. Kalau mendapat tempat perawatan maka potensi sembuhnya akan tinggi," bebernya.

Kemudian, lanjut Mendagri, angka kematian (mortality rate) turun, yakni 4 persen. Sedangkan angka kesembuhan naik menjadi 79 persen. Tito meminta pemerintah kabupaten/kota bekerja keras untuk menekan angka kematian hingga di bawah 4 persen dan meningkatkan recovery rate menjadi 90 persen.

"Kita perlu kerja keras lagi untuk menekan angka kematian. Meski sudah turun menjadi 4 persen, saya minta bisa ditekan lagi menjadi di bawah 3 persen. Saya pernah melihat di Sulawesi Selatan itu angka kematian 1,7 persen," Tito menambahkan.

Kemudian angka kesembuhan, Tito menjelaskan, terus mengalami peningkatan. Saat ini angkanya sudah 79 persen, namun Mendagri berharap bisa terus dinaikkan menjadi 90 persen.

Simak juga 'Pola Kepatuhan Memakai Masker Selama 3 Pekan PPKM Darurat':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/rih)