Inspiratif! Pasutri di Magelang Pinjamkan Oximeter Gratis ke Warga Isoman

Eko Susanto - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 18:27 WIB
Pasutri di Magelang meminjamkan oximeter gratis bagi warga COVID isoman
Pasutri di Magelang meminjamkan oximeter gratis bagi warga COVID isoman (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Pasangan suami istri (pasutri) pemilik toko di kawasan Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, meminjamkan oximeter gratis bagi para warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena COVID-19. Alat pengukur saturasi oksigen itu mereka pinjamkan hingga warga tersebut dinyatakan sembuh dari COVID.

Ide meminjamkan oximeter ini didapatkan pasutri Yohanes Aditya Sanjaya dan Theresia Sulistyowati usai melihat pemberitaan banyak warga isoman COVID meninggal. Mereka yang mulanya berniat membagikan gratis akhirnya memilih untuk meminjamkan alat tersebut.

Aksi sosial yang dilakukan pasangan suami istri, Yohanes Aditya Sanjaya dan Theresia Sulistyowati karena berdasar pemberitaan banyak warga yang isoman meninggal. Oleh karena itu, awalnya mereka akan membagikan, namun kalau dibagikan hanya berhenti pada satu orang. Kemudian mereka meminjamkan oximeter tersebut.

"Saya mengadakan peminjaman oximeter gratis ini karena melihat banyaknya berita kasus kematian isoman yang terkena COVID-19. Mungkin salah satunya penyebabnya karena mereka terlambat untuk mendeteksi sejak dini. Biasanya terlambat untuk dibawa ke rumah sakit atau mungkin sesak," kata Sulis saat ditemui di tokonya, Mahamurah Magelang, Ruko Valencia Blok B1 Mertoyudan, Magelang, Rabu (28/7/2021).

"Biasanya orang isoman yang dibutuhkan tabung oksigen sama oximeter. Nah padahal sebelum membutuhkan tabung oksigen kan perlu dibutuhkan oximeter buat mengukur kadar oksigen dalam tubuh," sambung dia.

Oximeter yang dipinjamkan oleh pasutri ini sebanyak 50 unit. Warga yang berniat meminjam oximeter ini hanya diminta untuk menunjukkan KTP dan hasil swab positif virus Corona bagi warga yang menjalani isoman tersebut.

"Untuk saat ini upaya yang bisa kita lakukan meminjamkan oximeter buat para isoman karena itu sebenarnya penting. Iya (menolong). Sebetulnya kemarin ada dua pilihan, antara membagikan atau meminjamkan. Cuma kalau membagikan sudah berhenti di satu berhenti selesai, tapi kalau dipinjamkan bakalan nggak ada putusnya," ujarnya.

Pengumuman terkait peminjaman oximeter gratis itu diunggah lewat akun Instagram @mahamurah_magelang dan media sosial lainnya. Sejak diumumkan Senin (23/7), menurut Sulis, peminatnya cukup banyak.

"Kami menyediakan peminjaman oximeter gratis ini 50 pcs. Ini sejak Senin pagi, kalau untuk syaratnya KTP asli, sama surat bukti positif atau hasil swab. Kami fleksibel, orang yang isoman kirim softcopy lewat WA (WhatsApp) atau DM (direct message) IG (Instagram)," tuturnya.

"Ini sebenarnya responnya bagus, banyak yang nanya, banyak yang WA. Banyak yang nanya-nanya, tapi ini mungkin 10-an. Kebanyakan Magelang (kota) sini, Mertoyudan, ada yang Magelang," ujar Sulis.

Dia menerangkan oximeter itu bakal dipinjamkan hingga warga tersebut sembuh dari COVID. Kemudian setelah dikembalikan ke tokonya alat itu akan disterilisasi.

"Kita meminjamkan sampai sembuh. Jadi sampai sembuh, pasien selesai, bener-bener sembuh dikembalikan di sini lagi, nanti kita sterilkan lagi. Nanti kalau ada yang membutuhkan bisa dipinjam ke lain yang membutuhkan," tuturnya.

Sulis berharap bantuan peminjaman oximeter gratis ini bisa bermanfaat bagi warga yang menjalani isoman di rumah. Selain itu, diharapkan bisa warga yang butuh penanganan rumah sakit bisa segera ditolong.

"Harapannya saya semoga dengan adanya ini (oximeter) para isoman bisa lebih terbantu. Jadi maksudnya para isoman bisa lebih terdeteksi bisa untuk membantu," pungkasnya.

(ams/rih)