Jejak Kontroversi Bupati Karanganyar, Mobdin Rubicon-Istri di Amplop Bansos

Andika Tarmy - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 12:29 WIB
Bupati Karanganyar, Juliyatmono
Bupati Karanganyar, Juliyatmono. (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Karanganyar -

Kabar dari Bupati Karanganyar Juliyatmono kembali jadi kontroversi. Sebelum ramai kontroversi amplop dana bansos di Karanganyar bertuliskan namanya dan sang istri, Julyatmono juga sempat menghebohkan publik saat dirinya mendapatkan mobil dinas baru berupa Jeep Wrangler Rubicon senilai hampir Rp 2 miliar.

Kabar mobdin mewah untuk Bupati Karanganyar ini mulai muncul akhir 2019 lalu. Saat itu Pemkab Karanganyar mengonfirmasi pengadaan mobdin Rubicon.

"Kalau mobil ini kan jenisnya cocok untuk kondisi Karanganyar. Banyak pegunungan dan daerah yang terjal," ungkap Plt Kepala Badan Keuangan (BKD) Kabupaten Karanganyar, Narimo kepada detikcom, Selasa (4/12/2019).

Kepastian tersebut diperoleh setelah Pemkab Karanganyar menyelesaikan lelang pada beberapa hari yang lalu. Pemkab sebelumnya sudah menganggarkan Rp 2,1 miliar untuk membeli mobil itu.

Bupati Karanganyar Juliyatmono menampik jika mobil dinas Jeep Wrangler Rubicon adalah usulan dirinya. Namun demikian, dia juga tak menolak jika diberi mobil dinas seharga Rp 1,9 miliar itu.

"Saya kan hanya memakai. Mungkin (ucapan) terima kasih, memberi penghargaan kepada saya," kata Juliyatmono saat itu kepada wartawan melalui telepon, Rabu (4/12/2019).

Saat itu Juliyatmono mengaku sejak dulu tidak pernah meminta apapun untuk kepentingan dirinya. Fasilitas apapun yang didapat akan dia pakai.

"Saya itu tidak pernah neko-neko. Saya kan sebenarnya punya hak, tapi tidak saya pakai sejak dulu. Saya kendaraan apapun oke-oke saja. Fasilitas tidak pernah saya ributkan. Saya apa adanya, wong ndeso," ujarnya.

Namun dia juga menegaskan tidak akan menolak Rubicon tersebut. Sebab mobil itu sudah terlanjur dibeli. Sementara mobil dinas Toyota Fortuner-nya yang ada saat ini tetap akan dimanfaatkan.

"Karena sudah selesai (lelang), ya dipakai dong. (Mobil lama) masih dipakai, bisa untuk tamu," ujar dia.

Meski banyak pihak menyayangkan keputusan membeli mobdin baru ini, Pemkab Karanganyar bergeming. Selasa (24/12/2019) mobil mewah tersebut datang.

Juliyatmono langsung menggunakan mobil tersebut untuk berangkat rapat di gedung DPRD Karanganyar, Kamis (26/12/2019). Tampak mobil off-road itu diparkir di halaman DPRD.

Tak seperti perkiraan Yuli, Rubicon ini berwarna oranye-hitam. Yuli sebelumnya mengatakan mobil dinasnya itu berwarna hitam. Tampak mobil 2.000 cc tersebut memiliki dua pintu. Rubicon ini bertransmisi otomatis.

Tulisan Rubicon terlihat di bagian samping kanan dan kiri. Pelat nomor AD 1 F sudah dipasang pada mobil.

"Kemarin, Selasa sore. Langsung ke rumah dinas," kata Yuli saat ditemui usai rapat di Gedung DPRD Karanganyar, Kamis (26/12/2019).

Yuli mengaku tak canggung mengendarai mobil barunya. Dia pun sudah mencoba berkendara sendiri.

"Biasa (tidak canggung)," ujar Yuli saat itu.

Kontroversi lain di halaman selanjutnya...

Lihat juga Video: PPKM Darurat Diperpanjang, Pemerintah Siapkan Anggaran Bansos Rp 55,21 T

[Gambas:Video 20detik]