Detik-detik Dramatis Evakuasi Sapi Kurban yang Nyemplung Septic Tank

Ari Purnomo - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 12:46 WIB
sapi kurban terperosok masuk septic tank di gonilan, kartasura, sukoharjo
Sapi kurban nyemplung septic tank di Sukoharjo. (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Sukoharjo -

Evakuasi sapi kurban yang masuk ke dalam septic tank di Sukoharjo, Jawa Tengah hari ini berlangsung dramatis. Tim Damkar dan SAR membutuhkan waktu selama lebih dari 2 jam untuk proses evakuasi tersebut.

Sapi berbobot sekitar 300 kg itu terperosok masuk ke septic tank milik warga di Desa Gonilan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Septic tank tersebut berukuran 1x1x2 meter, sehingga sapi sulit dikeluarkan.

"Kendalanya ruang septic tank yang sempit, kami menggunakan cara dengan mengisi septic tank dengan air agar badan sapi terangkat," ujar seorang anggota Damkar yang ikut dalam evakuasi itu, Rusdyanto, kepada wartawan, Rabu (21/7/2021).

Untuk menjalankan skenario tersebut, Damkar harus lebih dulu menunggu kedatangan truk tangki air. Setelah truk tangki datang, air langsung diisikan ke dalam septic tank dan perlahan tubuh sapi terangkat.

"Ruang evakuasi ini sangat sempit, tapi kita tetap berupaya mengeluarkan sapi dari dalam septic tank," ucapnya.

Usai tubuh sapi terangkat, petugas dibantu puluhan warga ramai-ramai memegang tali untuk mengeluarkan sapi dari dalam septic tank.

Sapi akhirnya berhasil diangkat dan dengan kondisi tampak kelelahan. Evakuasi yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB berakhir pada sekira pukul 11.30 WIB.

Tidak mau ambil risiko lagi jika sapi berontak, maka petugas penyembelihan sapi itu di dekat septic tank.

Diberitakan sebelumnya, sapi yang akan disembelih di Masjid Nurul Islam, Morodipan, justru kabur. Warga yang khawatir diterjang sapi ngamuk segera menyingkir dan sapi berwarna hitam itu masuk ke salah satu rumah warga. Akhirnya sapi terperosok ke septic tank milik Sumarno (64).

(sip/mbr)