Waduh! Sapi Kurban Nyemplung ke Septic Tank Saat Akan Disembelih

Ari Purnomo - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 12:21 WIB
sapi kurban terperosok masuk septic tank di gonilan, kartasura, sukoharjo
Petugas membongkar sebagian penutup septic tank yang masih utuh (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Sukoharjo -

Penyembelihan hewan kurban di Gonilan, Kartasura, Sukoharjo, Jateng, diwarnai dengan insiden sapi masuk septic tank warga setempat. Proses evakuasi dilakukan petugas dari tim Damkar dan Tim SAR.

Seekor sapi seberat lebih kurang 300 kilogram yang akan disembelih di masjid Nurul Islam, Morodipan, justru berlari dan akhirnya terperosok ke septic tank milik Sumarno (64).

Salah seorang warga Karyanto (48) menceritakan, awalnya ada empat ekor sapi yang akan disembelih. "Yang tiga sudah disembelih. Yang keempat ini tenaganya besar, saat akan disembelih malah lari," terang Karyanto kepada detikcom ditemui di lokasi, Rabu (21/7 /2021).

Warga yang khawatir diterjang sapi ngamuk segera menyingkir dan sapi berwarna hitam itu masuk ke salah satu rumah warga.

"Sapi masuk ke rumah warga dan masuk ke septic tank. Sebenarnya septic tank ada tutupnya, tapi sudah ambrol diinjak sapi," katanya.

Setelah masuk ke septic tank sapi tidak bisa keluar dan akhirnya warga berinisiatif memanggil tim pemadam kebakaran dan tim SAR.

"Kami mendapatkan panggilan untuk evakuasi sapi yang masuk septic tank dengan ukuran 1X1X2 meter, kedalamannya dua meter. Ini menjadi kendala saat evakuasi," ujar snggota Damkar Sukoharjo, Rusdyanto.

sapi kurban terperosok masuk septic tank di gonilan, kartasura, sukoharjoSapi kurban terperosok masuk septic tank di Sukoharjo. (Foto: Ari Purnomo/detikcom)

Evakuasi membutuhkan waktu yang cukup lama, lebih dari satu jam tetapi evakuasi belum berhasil. "Kami menggunakan teknik untuk mengisi septic tank agar tubuh sapi terangkat dan bisa dikeluarkan," ucapnya.

Setelah berhasil dievakuasi, sapi tersebut langsung disembelih tak jauh dari lokasi septic tank.

(mbr/sip)