Usai Hilang Saat Cuci Jeroan Hewan Kurban, Seorang Santri Ditemukan Tewas

Arif Syaefudin - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 12:00 WIB
Operasi evakuasi jenazah santri tenggelam di Rembang, Rabu (21/7/2021).
Foto: dok BPBD Rembang
Rembang -

Seorang santri ditemukan meninggal dunia di perairan laut utara Jawa, tepatnya di sebelah utara Kecamatan Sarang, Rembang hari ini. Sebelumnya, korban berusia 15 tahun itu dilaporkan hilang usai mencuci jeroan hewan kurban kemarin.

"Pada hari Selasa, 20 Juli 2021 seorang santri PP (pondok pesantren) MUS mencuci jeroan hewan kurban, namun sampai dengan siang hari tidak kembali, sehingga dilakukan pencarian namun nihil," terang Kepala seksi kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang, Pramujo dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (21/7/2021).

Pramujo menjelaskan korban awalnya mencuci jeroan hewan kurban di Pantai Sarang. Karena pencarian kemarin tak membuahkan hasil, prosesnya kemudian berlanjut pagi tadi. Hingga akhirnya korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di perairan laut utara Jawa. Jarak lokasi hilang dan penemuan korban sekitar 3-5 km.

"Korban sudah diketemukan pukul 07.30 WIB, namun dalam keadaan meninggal dunia. Pencarian dilakukan oleh tim SAR gabungan, BPBD Rembang, BPBD Tuban, BASARNAS Jatim, TNI, Polri, dan relawan," pungkasnya.

Korban merupakan salah seorang santri asal Tuban Jawa Timur yang selama ini tinggal di salah satu pondok pesantren di wilayah Kecamatan Sarang, Rembang.

Jenazah korban kemudian dievakuasi ke daratan untuk diperiksa secara medis. Korban dipastikan meninggal akibat kehabisan napas karena tenggelam. Jenazah selanjutnya diserahterimakan kepada pihak keluarga.

(sip/mbr)