2 Sapi Kurban Jokowi Tiba di Solo, Beratnya Sama-sama 837 Kg

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 17:44 WIB
Sapi kurban Presiden Jokowi tiba di Masjid Agung Solo, Selasa (20/7/2021).
Sapi kurban Presiden Jokowi tiba di Masjid Agung Solo, Selasa (20/7/2021). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Dua ekor sapi kurban Idul Adha dari Presiden Joko Widodo akhirnya tiba di Kota Solo, Jawa Tengah. Dua sapi dengan jenis peranakan ongole (PO) dan limosin itu memiliki berat yang sama, yakni 837 kilogram.

Sapi pertama tiba di Masjid Agung Surakarta sekitar pukul 15.30 WIB. Sapi jenis PO itu lalu diikat di sisi selatan halaman Masjid Agung Surakarta.

"Tahun ini jenis PO warna putih. Dulu pernah warna putih, tapi beberapa tahun ini limosin," kata Ketua Takmir Masjid Agung Surakarta, Muhtarom, kepada wartawan usai menerima sapi presiden, Selasa (20/7/2021).

Rencananya, penyembelihan akan dilaksanakan besok. Muhtarom mengatakan penyembelihan dilakukan secara terbatas untuk menghindari kerumunan yang bisa menjadi sumber penularan COVID-19.

"Karena amanah presiden perlu kita kawal. Doa kita, pelaksanaan penyembelihan besok bisa lancar. Petugasnya kita pilih jagal sapi yang sudah ahli, dari Boyolali," ujar dia.

Adapun seekor sapi lain dari Presiden Jokowi kemudian dikirim ke Masjid Al-Wustho Mangkunegaran. Kedua sapi tersebut dibeli dari peternak yang sama yang bernama Munawar asal Kabupaten Boyolali.

Munawar menjelaskan kedua sapi memiliki berat yang sama, yakni 837 kg. Sapi PO untuk Masjid Agung Surakarta dijual seharga Rp 63 juta, sedangkan sapi limosin untuk Masjid Al-Wustho dijual seharga Rp 62,5 juta.

"Ini usianya 4 tahun, berbeda dengan sapi potong biasa yang usianya paling 6 bulan. Dari lima sapi saya, ini yang paling saya istimewakan," kata Munawar saat mengantar sapi ke Masjid Agung Surakarta.

Menurutnya, sapi tersebut memang membutuhkan perawatan yang ekstra. Biaya perawatannya pun lebih besar daripada sapi-sapi biasanya.

"Yang jelas sering dibersihkan, termasuk kandangnya, diberi vitamin, rumputnya harus banyak biar pertumbuhan lancar. Insyaallah nggak pernah sakit, sering dikontrol mantri, vitamin tidak pernah telat," ujarnya.

Munawar mengatakan dihubungi pihak kepresidenan sekitar dua pekan yang lalu. Presiden Jokowi langsung membeli dua ekor sapi sekaligus darinya.

"Anak saya sering naikkan di Facebook, banyak yang nawar tapi yang cocok kebetulan di sini (tawaran Jokowi)," pungkasnya.

(sip/sip)