Dramatis! Evakuasi Sapi Kurban Nyemplung Sumur di Karanganyar

Andika Tarmy - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 22:30 WIB
Petugas evakuasi sapi kurban yang nyemplung sumur di Karanganyar, Senin (19/7/2021).
Petugas evakuasi sapi kurban yang nyemplung sumur di Karanganyar, Senin (19/7/2021). Foto: Andika Tarmy/detikcom
Karanganyar -

Seekor sapi kurban kabur hingga nyemplung atau masuk ke sumur di Desa Gedongan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Sapi berhasil dievakuasi dengan selamat usai petugas pemadam kebakaran dikerahkan.

"Kejadian menjelang Isya tadi. Itu sapi untuk kurban besok. Awalnya sapi diturunkan di halaman masjid namun sepertinya sapinya stres lalu meronta dan lari," ujar warga setempat, Ngadi, ditemui detikcom di lokasi, Senin (19/7/2021).

Ngadi menyebut, sapi berjenis metal tersebut lari menuju kompleks pemakaman. Sapi terus berlari hingga masuk ke sumur di kompleks pemakaman yang berjarak sekitar 200 meter dari masjid.

"Sapinya sempat melompati sumur. Kaki depannya sudah lewat, namun kaki belakangnya belum. Sehingga kaki masuk ke sumur dengan posisi kepala di atas," jelas Ngadi.

Warga sempat mengalami kesulitan mengevakuasi sapi dari sumur sedalam 7 meter tersebut. Warga kemudian meminta tolong kepada petugas pemadam kebakaran.

"Kita evakuasi bersama relawan dan warga, sapi berhasil dievakuasi dengan selamat sekitar pukul 21.10 WIB," ujar Dwi Handono, Komandan Regu Damkar Karanganyar.

Petugas evakuasi sapi kurban yang nyemplung sumur di Karanganyar, Senin (19/7/2021).Petugas evakuasi sapi kurban yang nyemplung sumur di Karanganyar, Senin (19/7/2021). Foto: Andika Tarmy/detikcom

Dwi menjelaskan, sapi seberat 700 kilogram tersebut berhasil dievakuasi dengan cara mengisi sumur menggunakan air. Air sumur meninggi hingga sapi berhasil ditarik ke atas.

"Diberi air dari mobil damkar, habis dua tangki. Akhirnya ketinggian air naik sapi bisa ditarik," kata dia.

Evakuasi sempat terkendala kurangnya air. Petugas sempat mengambil air tambahan.

"Kendala tadi air satu tangki kurang, akhirnya habis dua tangki. Sapinya selamat, masih layak untuk kurban besok," pungkasnya.

(rih/mbr)