Kanwil Kemenag Jateng: Hewan Kurban Disembelih Pada 3 Hari Tasyrik!

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 14:44 WIB
Kanwil Kemenag Jateng mengingatkan salat Idul Adha 1442 H/2021 dilaksanakan di rumah.
Kanwil Kemenag Jateng mengingatkan salat Idul Adha 1442 H/2021 dilaksanakan di rumah. (Foto: IG @kanwiljateng)
Semarang -

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jateng mengeluarkan 5 ketentuan pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan kurban tahun 2021 yang harus diikuti. Salah satunya tentang penyembelihan hewan kurban harus dilakukan rumah pemotongan hewan (RPH) pada 3 hari tasyrik.

Kanwil Kemenag Jateng mengingatkan bahwa salat Idul Adha 1442 H/2021 tidak digelar di lapangan, masjid, dan musala. Pelaksanaan salat Id bisa di rumah karena masih tingginya penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Dalam akun Instagram resmi Kanwil Kemenag Jateng @kanwiljateng, diunggah pengumuman soal ketentuan pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan kurban tahun 2021 sesuai SE Menag RI No 17 Tahun 2021, yaitu:

1. Penyelenggaraan sholat Idul Adha di Lapangan/Masjid/Musholla di Provinsi Jawa Tengah ditiadakan.
2. Sholat Idul Adha diselenggarakan di rumah masing-masing.
3. Takbiran dilaksanakan dari rumah dan Takbir keliling ditiadakan.
4. Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di RPH/dilakukan sesuai syariat dan protokol kesehatan yang ketat, pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.
5. Pendistribusian daging kurban dilakukan oleh panitia ke tempat tinggal warga yang berhak.

Kepala Kanwil Kemenag Jateng, Mustain Ahmad, membenarkan aturan tersebut dan bukan merupakan imbauan melainkan harus dilaksanakan dalam kondisi pandemi saat ini.

"Iya betul, harus diikuti," kata Mustain lewat pesan singkat, Senin (19/7/2021).

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya hari ini menggelar rapat soal penanganan COVID-19 dan salah satu yang dibahas terkait salat Idul Adha.

"Paling urgen itu besok ibadah di rumah. Karena masih ada beberapa masjid akan menyelenggarakan salat Idul Adha. Tadi komunikasikan dengan forkopimda untuk sampaikan dekati dengan baik dengan pelan-pelan," kata Ganjar di kantornya.

Simak video 'Panitia Diminta Tes Covid-19 Sebelum Potong Hewan Kurban':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)